5 Masalah yang Bisa Terjadi di Jalan Tol Selama Libur Nataru
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 28 Desember 2022 14:48 WIB
Ilustrasi tips berkendara. (Foto: Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat ini masyarakat Indonesia telah memasuki pekan liburan Natal dan tahun baru 2023 atau Nataru. Tak jarang dari mereka memilih untuk memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur, baik di dalam kota maupun luar kota.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi mereka yang memilih untuk berkendara jauh, maka ada baiknya mengetahui beberapa masalah yang bisa terjadi di jalan tol. Dengan begitu, Anda bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan ketika menikmati libur Nataru.

“Jangan lengah saat mengemudi di jalan tol mengingat ada potensi masalah yang dapat memicu kecelakaan di masa libur Tahun Baru,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam keterangan resminya.

Dalam kesempatan ini, redaksi Tempo.co bakal merangkum 5 masalah yang wajib dihindari di jalan tol. Berikut ulasannya, dilansir dari Auto2000 pada hari ini, Rabu, 28 Desember 2022:

  1. Jalan Tak Mulus

Masalah pertama yang mungkin sering dialami oleh para pengemudi adalah jalan tidak mulus. Dampak buruk jalan yang tidak mulus ini bisa sangat membahayakan pengguna jalan tol. Tips mengatasi hal ini adalah dengan tidak melakukan pengereman secara mendadak.

Selain itu, pengendara juga tidak disarankan pindah jalur tanpa memberikan tanda. Jika Anda berniat untuk menghindari lubang, maka sebaiknya lihat kondisi sekitar sebelum akhirnya berpindah jalur.

  1. Ngantuk

 Sudah bukan masalah baru lagi jika pengemudi mobil mengalami rasa ngantuk yang berat saat melakukan perjalanan jarak jauh. Apalagi kebanyakan jalan tol Trans Jawa relatif lurus, sehingga membuat pengemudi bosan.

  1. Aquaplaning

Aquaplaning adalah masalah yang cukup serius ketika pengemudi berkendara di jalanan yang basah. Telapak ban mobil tidak bisa menyentuh permukaan jalan sehingga kehilangan traksi. Hal tersebut dapat membuat mobil tergelincir. Salah tips menghindari masalah aquaplaning itu adalah dengan mengurangi kecepatn.

  1. Pecah Ban

Sebelum menikmati libur Nataru, setiap pemilik kendaraan diharapkan melakukan pengecekan terhadap ban mobil. Jika tidak, maka ban mobil tersebut pecah sehingga dapat membahayakan pengemudi. Ban kempis atau kurang angin diklaim berpotensi tinggi mengalami pecah. Sedangkan ban terlalu bisa membuat kendaraan sulit dikendalikan.

  1. Pengguna Jalan Lain

Ketika berkendara di jalan tol, pengendara disarankan untuk memperhatikan pengguna jalan lain. Karena kecelakaan juga bisa hadir dari kesalahan orang lain. Maka dari itu pengendara tidak disarankn untuk tidak menutup jalan orang dan menjaga jarak aman

Baca juga:

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi