Awas Oli Palsu! Toyota Kasih Tips Aman Cek Keaslian Kemasan Pelumas TMO
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 19 Januari 2023 09:00 WIB
Mekanik Toyota melakukan pengecekan kondisi pelumas mesin. (Foto: Auto200)

GOOTO.COM, Jakarta - QR Code Anticounterfeit saat ini mulai marak digunakan oleh para produsen pelumas di Indonesia. Melihat masih tingginya pemalsuan terhadap pelumas kendaraan roda dua dan roda empat, konsumen terjebak dengan harga oli palsu lebih terjangkau berbanding membeli di pengecer oli resmi.

Disematkannya QR Code Anticounterfeit di pelumas juga dilakukan oleh Toyota Astra Motor dengan melakukan improvement terhadap Toyota Motor Oil (TMO) dengan memperkenalkan fitur baru pada botol kemasan oli TMO, yaitu fitur TMO QR Code Anticounterfeit, sehingga para pelanggan dengan mudah bisa mengecek sendiri keaslian oli TMO.

Hadirnya fitur TMO QR Code Anticounterfeit dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini, di mana peredaran oli palsu meningkat dan semakin meluas di pasaran.

Pihak berwenang juga tidak tinggal diam dan telah menindak berbagai kasus pemalsuan oli. Kendati demikian, oli palsu masih banyak beredar. Sehingga, konsumen diharapkan semakin waspada terhadap oli palsu. Apalagi jika di tutup botolnya atau di kemasannya ditemukan kondisi tidak baik seperti retak, rusak, kasar, kurang rapih. 

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan oli palsu merugikan konsumen karena bisa merusak mesin kendaraan seperti gampang muncul endapan, perlindungan terhadap panas tidak optimal, dan lain-lain. Hal itu tentu akan berdampak bagi pengguna kendaraan dari sisi safety.

“Kami mengimbau agar pelanggan Toyota waspada terhadap peredaran oli TMO palsu. Dengan adanya fitur TMO QR Code Anticounterfeit, pelanggan bisa mengecek keaslian oli TMO sehingga mereka akan merasa semakin aman dan terjamin. Ini kami lakukan karena Toyota mempunyai komitmen yang kuat dalam memberikan total ownership experience dan peace of mind kepada pelanggan,” ujar Anton, melalui siaran pers yang dterima redaksi, 18 Januari 2023.

Untuk fitur QR Code Anticounterfeit ini tersedia di TMO yang dipasarkan baik di seluruh jaringan resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta juga di jaringan di luar Toyota seperti toko spareparts.

Cara Pengecekan Keaslian Oli Toyota TMOPengecekan keaslian oli TMO dapat dilakukan dengan cara scan QR Code di seal aluminium tutup botol TMO melalui handphone. Ada 3 informasi yang akan didapatkan oleh pelanggan melalui fitur ini, yaitu:·       Informasi mendapatkan produk asli (genuine)·       Informasi produk telah di-scan 1x (potensi pemalsuan)·       Informasi produk tidak dikenali (potensi pemalsuan)

Selain itu, pelanggan juga bisa mengecek keaslian TMO dengan metode 4C (Congkel, Cabut, Copot, Cek). Dengan metode ini, konsumen turut berkontribusi dalam mengurangi peredaran produk palsu yang modusnya penggunaan ulang kemasan karena pelanggan harus merusak kemasan tutup botol.Cara metode 4C adalah sebagai berikut:·       Congkel segel tutup botol TMO, Anda bisa menggunakan obeng kecil·       Cabut penutup plastik tutup botol TMO·       Copot kepingan kertas pelindung seal aluminium TMO·       Cek kode QR yang tercetak di seal aluminium tutup botol TMOSetelah memindai kode QR di seal aluminium botol TMO, lalu akan diarahkan ke website tmo.toyota.astra.co.id. Berikutnya, pada produk asli oli TMO, konsumen akan mendapatkan informasi telah melakukan scan QR Code untuk kali pertama, yang artinya produk oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

Untuk memastikan keamanan produk, kemasan pelumas Toyota Motor Oil juga menerapkan sistem ratchet and snap, yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali.

Baca Juga: Hibah Mobil Mewah Land Cruiser Prado dari Satpol PP DKI, Ini Keunggulannya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Pelumas
#Oli Palsu
#Toyota Astra Motor
#Toyota
#Toyota Motor Oil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi