FIA Panggil McLaren dalam Pertemuan Khusus
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 8 April 2009 02:28 WIB

TEMPO Interaktif, Paris: Badan pengatur Formula One memanggil McLaren pada pertemuan luar biasa 29 April untuk menjawab berbagai tuduhan menyesatkan petugas dalam peristiwa di Grand Prix Australia.

FIA hari Selasa mengatakan McLaren dituduh berdusta ketika mengatakan pada petugas lomba bahwa mereka tidak memberi instruksi kepada Lewis Hamilton untuk membiarkan pebalap Toyota Jarno Trulli menyusul saat mereka berada di belakang safety car.

FIA mengatakan McLaren telah melewatkan dua kesempatan untuk meralat bukti yang dia ketahui salah.

Pemeriksaan kedua itu, sebelum Grand Prix Maaysia minggu lalu, telah melucuti poin juara dunia itu dan membuat timnya terusir dari lomba di Melbourne.

Hamilton telah meminta maaf dan mengatakan dia telah  "diinstruksikan dan disesatkan" dengan penahanan bukti oleh direktur olahraga Dave Ryan, yang disalahkan McLaren karena mengotaki penipuan itu. Mclaren mengatakan Ryan telah meninggalkan tim pada hari Selasa.

"Akibatnya, ia tidak lagi menjadi karyawan dari perusahaan di kelompok McLaren," kata tim Inggris itu dalam pernyataannya.

"Kami melakukan kerja sama sepenuhnya dengan semua proses WMSC (World Motor Sport Council), dan menyambut kesempatan untuk bekerja sama dengan FIA untuk kepentingan Formula One."

Kemungkinan hukuman termasuk melarang McLaren atau Hamilton untuk lomba berikutnya atau seluruh lomba tahun ini.

Bos McLaren Martin Whitmarsh mengatakan ia sedang mempertimbangkan masa depannya setelah berlibur usai lomba pembukaan musim ini  di Melbourne.

Trulli awalnya dijatuhi hukuman tambahan 25 detik karena menyusul di belakang safety car, yang membuat Hamilton meraih posisi ketiga.

USA TODAY | ERWIN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi