Hyliko Dapat Dukungan Toyota Kembangkan Truk Hidrogen
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 24 Februari 2023 13:45 WIB
Start-up ruk asal Prancis, Hyliko, mendapat dukungan dari Toyota untuk melanjutkan pengembangan kendaraan komersial berbasis hidrogen. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Start-up truk asal Prancis, Hyliko, mendapat dukungan dari Toyota untuk melanjutkan pengembangan kendaraan komersial berbasis hidrogen. Sedianya akan mengintegrasikan generasi kedua modul hydrogen fuel cell ke truk heavy duty yang ditawarkan sebagai kendaraan fleet tanpa emisi gas buang.

Toyota Motor Europe Fuel Cell Business ingin memperluas lebih jauh ke sektor kendaraan komersial yang lebih luas sebagai sarana untuk mempercepat pertumbuhan mobilitas hidrogen nol emisi. Secara khusus, ini sangat menjanjikan di segmen truk, yang bertanggung jawab atas 77% dari semua barang yang diangkut di jalan Eropa. 

Sementara bobot sistem hidrogen yang lebih rendah memungkinkan muatan yang lebih berat, pengisian bahan bakar hidrogen yang cepat juga penting untuk transportasi komersial berat dengan pemanfaatan tinggi. Pola penggunaan truk komersial dan permintaan mereka akan volume hidrogen yang lebih besar menempatkan mereka sebagai kontributor utama dalam mengembangkan infrastruktur yang berkelanjutan. 

Secara global, Toyota telah bekerja sama dengan beberapa mitra truk untuk mengintegrasikan teknologi sel bahan bakar dalam transportasi tugas berat. Proyek “Shore to Store” ZANZEFF di Amerika Serikat, yang dimulai pada tahun 2019, baru-baru ini membuktikan bahwa truk listrik sel bahan bakar dapat menandingi kinerja diesel dan memberikan alternatif tanpa emisi yang siap untuk penerapan komersial. 

Toyota Fuel Cell Module digunakan di truk heavy-duty di Hyliko (Foto: Toyota)

Kemitraan dengan Hyliko juga menandai langkah lain menuju visi TME untuk ekosistem hidrogen di Eropa, merangsang pasokan dan permintaan untuk berkembang menjadi model bisnis yang layak. Karena energi hidrogen adalah pilar utama strategi energi Eropa, TME memprioritaskan perluasan berbagai jenis aplikasi sel bahan bakar dalam ekosistem hidrogen untuk mendukung pertumbuhannya. 

Strategi kemitraan TME bertujuan untuk mengembangkan sinergi antara sektor bisnis yang berbeda dan mendukung masyarakat yang ingin memperluas lebih jauh ke dalam koridor hidrogen yang lengkap.

“Kami dengan senang hati mengumumkan kesepakatan dengan Hyliko untuk penyediaan module fuel cell kami. Hyliko adalah perusahaan rintisan yang dinamis dengan visi luas tentang hidrogen, karena mereka berencana menawarkan semua komponen utama cluster ramah lingkungan: truk fuel cell, pasokan hidrogen hijau, serta skema penyewaan dan pemeliharaan,” ujar Thiebault Paquet, Vice President Toyota Motor Europe R&D2 and Head of Fuel Cell Business. 

Thiebault Paquet menambahkan, “Bersama dengan mitra seperti Hyliko, kami akan terus mendorong cluster ramah lingkungan di seluruh Eropa menuju masyarakat hidrogen yang lebih besar, sebagai salah satu blok bangunan utama untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2040.”

Hyliko akan menawarkan dua model truk sel bahan bakar: traktor 44t dan truk lurus 26t (tersedia dalam varian 6x2 dan 6x4). Masing-masing kendaraan ini akan dilengkapi dengan dua modul sel bahan bakar Toyota. Sebagai bagian dari penawaran sewa truknya, Hyliko berencana untuk memperkenalkan infrastruktur hidrogen hijaunya sendiri, termasuk produksi, penyimpanan, dan distribusi bahan bakar.

Baca juga: DFSK Gelora E Kini Banderolnya Mulai dari Rp350 juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi