Volkswagen akan Luncurkan Mobil Keluarga
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 April 2009 16:19 WIB
Copyright by Automobiles Review
TEMPO Interaktif, Jakarta : Penjualan mobil di pasar Indonesia didominasi oleh kendaraan penumpang atau bermesin kapasitas sedang. Volkswagen berencana membawa masuk mobil-mobil jenis itu tahun ini. Hal itu disampaikan VW Indonesia dalam acara sosialisasi teknologi baru pada mesin VW di Jakarta (14/4).

Beberapa varian mobil ekonomis seperti VW Golf dan Polo sudah ada di Indonesia, namun mobil penumpangnya yaitu Touran belum masuk dan kabarnya akan diperkenalkan pertengahan tahun ini.

Dengan Panjang 4.405 milimeter, lebar 1.795 milimeter dan tinggi 1.635 mm mobil ini lebih besar dari mobil penumpang berkapasitas lima penumpang buatan Toyota seperti Avanza tetapi lebih pendek dari Honda CRV.

Namun untuk kapasitas mesin, mobil keluarga buatan Volkswagen itu lebih rendah. Volkswagen berencana meluncurkan versi 1.400 cc di Indonesia dan uji cobanya menurut Mahaendra Gofar, Manajer Umum Service Operations sudah selesai. “Model Touran sudah green light untuk peluncuran,” kata Mahaendra hari Selasa (14/4) di Jakarta.

Sedangkan Eko Yulianto, training Manajer Volkswagen Indonesia, varian baru VW golf dengan kapasitas mesin yang sama juga sudah selesai diuji coba.

Uji coba untuk mesin generasi terbaru VW yang ditanam pada kedua mobil itu menurut VW cukup panjang karena ada teknologi yang belum ada pada mesin sebelumnya. VW menambah jalur masuk udara untuk pembakaran menjadi dua jalur, lewat kompresor dan turbo charge, untuk memperbesar tenaga namun tetap menghemat bahan bakar walau volume mesin kecil. VW menyebutkan mesin 1.400 cc dengan kemampuan 2.500 cc.

Direktur Utama PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri pemegang merek VW, di Indonesia menambahkan, “Awalnya ditolak terus dengan alasan bahan bakar di Indonesia menurut VW Jerman jelek, tapi kita desak terus dengan alasan prospek untuk mobil bermesin ekonomis sangat bagus di Idnonesia. Apalagi dengan harga bahan bakar yang pasti akan bergerak naik walaupun harga minyak dunia naik turun.”

VW di Indonesia belum bersedia mengungkapkan kapan kedua model itu mulai dipasarkan, Manajer Umum Service Operations, Mahaendra Gofar hanya mengatakan kemungkinan pertengahan tahun ini. Di Singapura, basis perwakilan VW untuk wilayah Asia-Pasifik, mobil-mobil VW dengan mesin berteknologi baru itu sudah dipasarkan sejak tahun lalu dan sebagai gambaran, harga Touran di Singapura sekitar SG$ 88.000, atau kurang lebih Rp 660 juta.

RONALD | RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi