Charles Leclerc Harus Mundur ke Posisi Start 12 di F1 Arab Saudi 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 19 Maret 2023 14:23 WIB
Charles Leclerc bersiap hadapi F1 Arab Saudi 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaScuderia Ferrari yang ditunggangi Charles Leclerc terlihat sangat kompetitif di sesi kualifikasi F1 Arab Saudi 2023, Sabtu malam, 18 Maret. Pembalap bernomor #16 ini mampu bukukan waktu 1:28,420 detik, terpaut 0,155 detik dari peraih pole position Sergio Perez.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sayangnya, SF-23 bernomor #16 ini harus mundur ke posisi 12 untuk balapan hari Minggu malam di Jeddah Corniche Circuit. Charles Leclerc terkenal penalti akibat melakukan penggantian komponen power unit. 

“Saya senang dengan catatan waktu kali ini, sudah di limit dan kita bisa lebih jauh dari harapan di sesi ini,” buka Charles Leclerc.

“Bagaimanapun juga, kompetitor kami sangat kuat dan kita masih banyak tugas yang harus disempurnakan. Laju mobil sudah terlihat kencang di sirkuit ini. Tidaklah mudah untuk menyalip pembalap lain di sirkuit ini,” kata Charles Leclerc.

Pembalap asal Monaco ini memastikan akan melakukan yang terbaik selama balapan. “Saya akan berjuang untuk menjadi yang terdepan di balapan nanti.”

Sementara itu Carlos Sainz di posisi lima tercepat di sesi kualifikasi F1 Arab Saudi 2023 merasa tidak puas dengan harapannya. “Sejujurnya hasil kualifikasinya tidaklah bagus. Saya terkendala dengan ban di beberapa tikungan awal dan kehilangan waktu di sana. Sisa tikungan berikutnya sudah bagus. Tak cukup untuk memperbaiki sektor 1. Kesalahan saya,” ujar dia.

Carlos Sainz akan start posisi 4, akibat Charles Leclerc terkena penalti dari posisi dua mundur ke posisi 12. (Foto: Scuderia Ferrari)

“Bagaimanapun juga balapan belum usai dan kita punya laju mobil yang kencang untuk bisa melangkah ke podium. Kita akan mencari penyelesaiannya untuk bisa tampil kuat di balapan,” yakin pembalap bernomor 55 ini.

Frederic Vasseur selaku Team Principal Scuderia Ferrari mengatakan senang kedua pembalap bisa tampil kompetitif di lima besar dan di sesi kualifikasi antara Charles dan Sergio Perez, peraih pole position, tak terpaut jauh 0,155 detik.

“Tapi dia (Charles Leclerc) akan bergeser di posisi 12 akibat penalti. Laju mobil Ferrari tak terlalu buruk tapi kita perlu langkah lebih maju. Sangat disayangkan Carlos karena menggunakan set kedua ban kompon lunak di Q2 yang berakibat di Q3 dia hanya pakai satu set dan membuat kesalahan, membuat dirinya kehilangan baris terdepan,” yakin Frederic Vasseur.

Carlos Sainz posisinya akan maju satu baris, start di posisi empat dan akan memberikan dirinya kesempatan. “Lihat balapan nanti, laju mobil sangat bagus dan ketika long stint hanya alami degradasi sedikit, apalagi di sirkuit ini aspalnya sangat mencengkeram, berbeda dari Bahrain,” ujar Frederic Vasseur.

Adapun sebagai  Team Principal Scuderia Ferrari, Frederic Vasseur, mengakui bahwa balapannya akan terlihat aneh karena di atas kertas terlihat mudah untuk melakukan overtake. “Nyatanya tidak, kita lihat pemakaian DRS akan menjadi perubahan dalam permainan. Kita harus bisa menemukan posisi lintasan dan waktu tepat untuk melakukan pit stop,” jelas dia.

Pilihan Editor: Kualifikasi F1 GP Jeddah: Sergio Perez Pole, Max Verstappen P15

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi