Proton Cari Mitra Perusahaan Asing  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 16 April 2009 12:43 WIB

protonTEMPO Interaktif, Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mendesak industri pembuat mobil nasional Proton bermitra dengan perusahaan asing guna menjamin kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Najib mengatakan Proton perlu mempertunjukkan citra sebuah industri pembuat mobil yang atraktif dan memproduksi kendaraan berkualitas dengan harga bersaing.

"Proton hendaknya menjadi sebuah perusahaan yang bisa bersaing dengan menjamin kelangsungan hidupnya dalam industri mobil pada abad ke-21," katanya tadi malam pada acara peluncuran Proton Exora, kendaraan multi-purpose pertama Proton di Kuala Lumpur.

Najib juga mengatakan bahwa Proton sebaiknya tidak menolak setiap opsi di tengah situasi melemahnya ekonomi global saat ini. "Semua opsi harus menjadi pertimbangan untuk kebaikan industri. Untuk ini, Proton harus melihat suatu strategi untuk dapat memproduksi kendaraan hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan," katanya.

Proton yang didirikan 25 tahun silam itu sebagai bagian dari ambisi rencana industri otomotif nasional Malaysia. Namun, pangsa pasarnya melemah dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan ini sudah lama ekspansi ke Indonesia.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi