Ini Pernyataan Marc Marquez usai Insiden dengan Miguel Oliveira
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 27 Maret 2023 10:19 WIB
Marc Marquez saat pertama bersenggolan dengan Jorge Martin di MotoGP Portugal 2023. (Foto: HRC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMarc Marquez pembalap Repsol Honda mengakui tidak ada niatan untuk mencederai Miguel Oliveira saat balapan di MotoGP Portugal 2023, Minggu, 26 Maret. Dirinya mengakui ada kendala di bagian ban yang membuat Honda RC213V sulit dikendalikan dan menyesal balapan masih berlangsung tiga lap dari 25 lap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat insiden, Marc Marquez memang terlihat berusaha masuk di tikungan untuk menyalip Jorge Martin (Prima Pramac Ducati Racing), namun rem depan terlihat terkunci. Ketika melepas tuas rem, motor Honda RC213V sudah tidak bisa dikendalikan, diawali menyambar sisi kanan motor Jorge Martin dan menabrak buritan KTM RC16 Miguel Oliveira.

Atas kejadian tersebut, Marc Marquez mencoba berkomunikasi dengan Razlan Razali pemilik tim RNF Racing MotoGP, tim di mana Miguel Oliveira bernaung.

Pembalap Marc Marquez dari Repsol Honda Team menghampiri Miguel Oliveira dari CryptoDATA RNF MotoGP Team setelah mengalami kecelakaan saat balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Ahad, 26 Maret 2023. Marquez menabrak Oliveira di tikungan 5 lap ke-3. REUTERS/Marcelo Del Pozo

Berikut pernyataan Marc Marquez melalui website resmi HRC:

“Pertama-tama saya ingin mengatakan bahwa saya sangat menyesal atas insiden yang menimpa Oliveira, timnya, dan para penggemar Portugal karena itu adalah balapan mereka.“

“Saya melakukan kesalahan yang sangat besar hari ini, tentu saja itu bukan niat saya untuk membuat ini terjadi, niat saya bahkan bukan untuk menyalip Martin pada saat itu, tetapi saya mendapati ban terkunci di bagian depan.”

“Mungkin ban kompon keras bagian depan belum sepenuhnya mencapai temperaturnya, saya melepaskan rem dan motor masuk ke dalam. Saya menghindari Martin tetapi melakukan kontak dengan Oliveira.” 

“Usai insiden saya langsung mendekati Miguel dan kemudian di ruang medis saya datangi untuk memeriksa kondisinya – untungnya sepertinya dia baik-baik saja dan ini yang paling penting.” 

“Dampak insiden di diri saya, ada rasa sakit di tangan kanan dan lutut saya, tetapi ini tidak begitu penting saat ini. Saya sepenuhnya menerima dan menghormati penalti double long-lap di balapan GP Argentina nanti, karena saya melakukan kesalahan.”

Akibat insiden tersebut, Marc Marquez alami retak di bagian telapak tangan. Dirinya akan terbang ke Barcelona terlebih dahulu untuk jalani pemeriksaan lebih lanjut di Rumah Sakit Dexeus di Barcelona. 

Bila Marc Marquez sudah dikabarkan pulih, seri kedua MotoGP 2023 yang digelar di sirkuit Termas de Rio Hondo para penonton akan melihat pembalap bernomor #93 ini menjalani penalti double long-lap di tempat yang sudah ditentukan.

Pilihan Editor: MotoGP: Jari Kaki Jorge Martin Patah Ditabrak Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi