General Motors Buru Perusahaan Taksi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 17 April 2009 21:45 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: General Motors Indonesia distributor mobil Chevrolet mengumpulkan sejumlah perusahaan taksi di Indonesia untuk mempromosikan Chevrolet Lova, mobil sedan yang sebelumnya dikenal dengan nama Kalos untuk armada taksi. General Motors menargetkan bisa menjual sekitar 800 unit untuk industri jasa itu, dengan harga saat ini Rp 135 juta off the road.

Direktur Pengelola General Motors Mukiat Sutikno mengatakan dengan harga yang lebih murah dibanding "penguasa" industri taksi saat ini yaitu Toyota dengan Limo-nya, Chevrolet yakin bisa meningkatkan pangsa pasar.

Perusahaan yang pertama menggunakan Chevrolet di Jakarta, Celebrity mengatakan alasan utama perusahaan itu menjajal Kalos-atau yang diberi nama baru Lova- pada 2008 adalah harga. "Lebih murah," kata Suratman direktur Celebrity Taxy, walaupun ia mengakui ada perbedaan efisiensi bahan bakar.

Berdasarkan pengalaman operasi perusahaan itu konsumsi bahan bakar Toyota Limo 0,8 persen lebih hemat namun harganya 20 persen lebih tinggi dibanding Lova. Sedangkan soal perawatan Suratman mengatakan keduanya hampir sama.

Manajer Perencanaan Bisnis General Motors Indonesia, Harry Yanto, mengatakan karena transaksi dilakukan lewat dealer-dealer General Motors, maka kebutuhan suku cadang untuk perusahaan-perusahaan taksi juga disalurkan lewat jalur yang sama, sedangkan untuk teknisi, GM memberi pelatihan bagi mekanik perusahaan taksi di fasilitas milik General Motors.

Menurut Chevrolet Kalos pertama kali digunakan untuk taksi di kawasan wisata Bali dan Lombok, kemudian menjalar ke tempat lain yaitu di Riau, Balikpapan, Banjarmasin, Mkassar, ManadoSemarang dan Yogyakarta, serta Surabaya. Sejauh ini GM sudah menjual 1.200 unit terhitung sejak 2007 yang digunakan 11 perusahaan jasa taksi. Manajer Perencanaan Bisnis General Motors Indonesia, Harry Yanto mengatakan penggunaan Chevrolet sebagai taksi baru di Indonesia, yang akan dipasok oleh pabrik General Motors di Thailand.

Chevrolet mengatakan tahun lalu berhasil menjual 380 unit untuk industri taksi atau sekitar 7 persen dari total pasar kendaraan yang diserap industri itu. Toyota mengatakan sejauh ini mereka menguasai 70 persen pangsa kendaraan industri jasa taksi.

RONALD | RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi