Button: Red Bull Terlalu Cepat di Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 20 April 2009 03:34 WIB

TEMPO Interaktif, Shanghai: Sukses Brawn GP berakhir di Cina hari Minggu ketika pemimpin lomba Formula Satu Jenson Button tertinggal di belakang Red Bulls.

Juara dua lomba awal asal Inggris itu memimpin awal lomba di Australia dan Malaysia, namun gagal mencetak hat-trick di Shanghai untuk tim yang dibentuk dari sisa-sisa Honda itu.

Pebalap asal Jerman Sebastian Vettel memimpin lomba sekaligus memberi kemenangan pertama bagi Red Bull sementara rekannya pebalap asal Australia Mark Webber melengkapi kemenangan satu-dua tim itu.

Button, 29, mengatakan ia telah melakukan yang terbaik dalam lomba itu. Mengawali lomba di posisi kelima, dia melewati rekan setim Rubens Barrichello untuk meraih posisi ketiga di putaran 11 setelah pebalap Brasil itu melebar dan pebalap Fernando Alonso masuk pit.

"Ini lomba yang sulit dan setiap putaran anda berpikir akan terlempar keluar," kata Button.

"Jadi, menyelesaikan perlombaan adalah sebuah prestasi dan naik ke podium adalah sesuatu yang hebat," tambahnya.

"Kami tidak dapat menantang dua orang itu hari ini, mereka sangat cepat. Namun sangat menyenangkan meraih enam poin."

Podium ke-18 bagi Button dalam karirnya itu memperlebar keunggulannya enam poin atas Barrichello, yang menyelesaikan lomba di posisi keempat.

Pebalap  36 tahun asal Brazil yang memenangkan perlombaan di Shanghai untuk Ferrari pada tahun 2004 itu mencatat waktu tercepat dalam lomba itu namun terlambat baginya untuk mengatasi masalah rem yang dia alami sejak awal lomba.

"Saya hanya memiliki tiga piringan rem yang bekerja di mobil saya untuk 19 putaran pertama yang membuat saya sulit kesulitan menjaga mobil saya di jalur," ujar pebalap Formula Satu paling berpengalaman itu.

Bos tim Ross Brawn sudah memikirkan lomba berikutnya di Bahrain, di mana kemungkinan tidak terulang hujan yang memotong lomba di Malaysia dan membuat hari Minggu ini hari yang sulit.

"Lomba dramatis hari ini melanjutkan musim Formula Satu yang sangat menyenangkan," ujarnya.

"Selamat kepada Red Bull atas kinerja satu-duanya hari ini. Kami tahu perasaan fantastis pencapaian itu dan saya yakin mereka akan menikmatinya setiap menit."

"Fokus kami saat ini ke Bahrain minggu depan dan semoga akan menjadi balapan yang kering," ujarnya.REUTERS | EZ

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi