Pesta Industri Otomotif di Shanghai  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 20 April 2009 17:07 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Kalender otomotif internasional tahun ini tetap berjalan walaupun resesi global didengung-dengungkan sudah merugikan industri itu di seluruh dunia. Bahkan ada jadwal pameran yang “bentrok” seperti Shanghai Motor Show yang dimulai hari ini dan New York Mortor Show yang sudah jalan sejak 10 April lalu.

Sekitar 1.500 peserta pameran meramaikan pameran di Shanghai di mana sejumlah produsen mengharapkan pasar raksasa Asia itu bisa menjadi mesin uang baru bagi mereka saat penjualan di pasar-pasar yang lain lesu.

Dekorasi pada pameran itu juga dilaporkan lebih semarak dibanding pameran otomotif skala internasional pertama tahun ini, Detroit Motor Show pada bulan Februari lalu yang kabarnya digelar dengan ornamen, tata cahaya, tata suara, dan efek laser ala kadarnya untuk mencerminkan lesunya penjualan industri otomotif tahun 2008.

Mungkin perayaan semacam itu tidak salah untuk pasar Cina yang dilaporkan menyerap 1,08 juta unit produk otomotif bulan Maret lalu. Tidak jelas apakah jumlah itu termasuk sepeda motor atau tidak

Pada bulan Januari penjualan mobil di Cina mencapai 735.000 unit mengalahkan penjualan di Amerika Serikat yaitu hampir 657.000 unit.

Secara keseluruhan selama triwulan pertama tahun ini penjualan mobil di Cina naik enam persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 2.64 juta unit.

ECONOMIC TIMES | RONALD

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi