Ini Kata Peserta setelah Mengendarai Wuling Almaz Hybrid
Reporter: Tempo.co
Editor: Prodik Digital
Selasa, 18 April 2023 16:47 WIB
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -Wuling Almaz Hybrid menyita perhatian peserta New Energy Vehicle Xperience (NEVX) 2023 yang digelar bersama Wuling Motors (Wuling) dan Tempo Institute, pada Jumat lalu, 14 April 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejumlah 20 partisipan turut mencoba kendaraan hybrid dari Wuling ini. Adapun Wuling Almaz Hybrid merupakan kendaraan hybrid pertama yang diproduksi untuk konsumen di Indonesia.

Di NEVX 2023 para peserta penasaran dengan Wuling Almaz Hybrid yang memiliki banyak fitur yang membantu pengendara ketika berkendara.

Selain itu, Almaz Hybrid juga dapat melaju senyap berkat sistem motor penggerak listriknya di mode EV. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu peserta yang telah mencoba berkendara dengan SUV ini.

“Keren nih Wuling Almaz Hybrid. Kesan pertama, kemudinya ringan banget dan gak berisik. Boleh juga nih jadi pilihan,“ ujar Arman.

Sedangkan, Dody Waspodo mengatakan bahwa keunggulan Almaz Hybrid ini adalah bisa melaju senyap tanpa ada suara mesin ketika melaju pelan. “Pastinya akan lebih irit bahan bakar karena tidak selalu mesin yang menggerakkan rodanya,” kata dia.

Jeffry yang mencoba Almaz Hybrid mengatakan bahwa, jarak tempuh Wuling Almaz Hybrid bisa lebih jauh, karena ada tambahan baterai dengan motor listrik. “Ketika berada di jalan sempit, ada kamera 360 sehingga bisa memantau kondisi di sekeliling melalui layar di dasbor,” ucap Jeffry.

Qaris Tajudin mengungkapkan bahwa ada fitur WIND yang sudah lama diperkenalkan di Almaz. “Ada juga di Almaz Hybrid, memudahkan pengendara untuk mengoperasikan banyak fitur cukup lewat perintahsuara.”

Lebih jauh memahami Wuling Almaz Hybrid, SUV ini memiliki dimensi sepanjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm. Jarak sumbu roda 2.750 mm memungkinkan Almaz Hybrid tetap mendapatkanruang kabin yang lega untuk tujuh penumpang.

Fitur yang berlimpah juga menjadi unggulan dan daya tarik Almaz Hybrid dengan harga yang kompetitif yakni Rp472.000.000 (OTR Jakarta).Perihal mesin pembakarannya, Almaz Hybrid memiliki instalasi empat silinder berkapasitas 1.999 cc, Atkinson cycle.

Tenaga yang dihadirkan mencapai 123 hp pada 5.600 rpm dan torsinya 168 Nm pada 4.000-4.400 rpm. Performa mesin tersebut disalurkan ke Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dan Permanent Magnet Synchronous Motor yang juga digunakan oleh baterai untuk menggerakkan roda depan.

Adapun tenaganya mencapai 174 hp dan torsinya 320 Nm. Di NEVX 2023 para peserta bisa langsung merasakan kekuatan motor listriknya ketika Almaz Hybrid mulai melaju. Tak ada suara mesin saat pertama bergerak di saat baterai terisi penuh. Jika energi baterai tidak memadai, mesin akan secara otomatis aktif untuk mengisi ulang baterai. Baterai yang dimiliki diWuling Almaz Hybrid ini adalah Ternary lithium-ion (NMC) yang memiliki kapasitas 1,8 kWh.

Peserta NEVX 2023 juga merasakan kenyamanan di dalam Almaz Hybrid. Atap panoramic sunroof seluas 0,82 m2 membuat kabin menjadi terang masuk dan memberikan kesan lega. Perjalanan juga kian menyenangkan dengan head unit berukuran 10,4 inci.

Tak hanya teknologi perpaduan mesin bensin dan baterai listrik yang ditawarkan di Almaz Hybrid, fitur andalan yang dimiliki kendaraan ini adalah Wuling Indonesian Command (WIND), Wuling Remote ControlApp, dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).  

 Teknologi ADAS yang dimiliki oleh Wuling Almaz Hybrid menjadi yang terdepan di kelasnya, mulai dari adanya Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Intelligent Cruise Assistance(ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB),Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), dan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).(*)

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi