Muda Sehari Bersama Yaris
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 April 2009 21:20 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Groovy (baca: gruwvie) berarti menyenangkan, manis (potongannya). Itulah arti kata groovy dalam kamus Inggris-Indonesia suntingan John M. Echols dan Hassan Shadily, cetakan ke XXIII, 1996, halaman 281.

Kata inilah yang disematkan Toyota sebagai tagline hatchback andalannya New Yaris. Nah, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak sekitar 40 wartawan melakukan kegiatan menyenangkan dan tampil manis pada "One Groovy Day with Yaris", akhir pekan lalu. Sebanyak 10 unit New Yaris disiapkan bagi wartawan untuk merasakan bagaimana performa dan kenyamanan hatchback baru Toyota itu sekaligus mencoba bagaimana gaya hidup penggunanya.

"Kami berharap para wartawan bisa merasakan gaya hidup anak muda perkotaan yang memang sesuai dengan target pasar Yaris," kata joko Trisanyoto, Direktur Marketing TAM saat pembukaan di Parkir Timur Senayan yang menjadi titik awal kegiatan.

Hmmm... emang ngapain aja sih? Pertama, kami diajak merasakan kemampuan Yaris dalam melakukan slalom. Alasannya, dunia balap menggambarkan jiwa sporty anak muda sekarang. Tentu saja Tempo tak bisa secepat dan sejago pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) yang memberikan contoh.

Setidaknya Tempo bisa menguji kemampuan mesin inline 4-cylinder, 16 valve, DOHC, VVT-i berkapasitas 1,5 liter milik Yaris tipe E bertransimisi manual yang Tempo coba. Lewat tes ini juga terasa kalau sudut belok Yaris cukup dalam sehingga tak sulit bermanuver di antara kun-kun yang disiapkan.

Selain tipe E, yang juga punya transmisi otomatis, ada dua tipe Yaris lainnya yaitu tipe J dan S dengan dua model transmisi otomatis dan manual.

Tujuan pertama adalah SPBU di Kuningan untuk mengisi bahan bakar. "New Yaris bisa mengkonsumsi bahan bakar bio-ethanol sampai 20% (E20)," terang kata Rouli Sijabat, Marketing Public Relation PT TAM.

Oh ya, peserta harus bisa menebak kemana tujuan lewat clue di CD (compact disc) yang dibagikan. Dari Kuningan kami meluncur ke kawasan Tebet. Ternyata kami diharuskan memilih baju plus aksesoris di butik Nanonine. Syaratnya, berubah 'se-groovy' mungkin ala anak muda sekarang.

"Waduh bingung gua nih, nggak pernah shopping," kata seorang rekan kebingungan. Alhasil, keluar dari butik, wartawan jadi 'warna-warni'. Untungnya, semua barang bawaan ternyata bisa muat di bagasi belakang Yaris.

Selanjutnya, makan siang di Blitz Megaplex. Di sini peserta One Grooy Day juga harus menebak jenis makanan yang punya kata-kata "groovy". Belakangan, baru ketahuan kalau menu yang dimaksud adalah flying dragon. Lha dimana kata groovy-nya?

Setelah makan, agenda berikutnya adalah nonton. Film Franklyn yang dibintangi Ryan Phillipe dan aktris cantik Eva Green, jadi pilihan.

Dari SCBD kami meluncur ke toko kaset di daerah Mahakam. Kami diminta memilih CD dan menebak 11 lagu yang huruf depannya jika dirangkai akan membentuk kata "Yaris Groovy".

Ketika CD dimasukkan ke audio system Yaris yang kali ini dilengkapi 2DIN audio dengan 1 CD indash dilengkapi dengan empat speaker, muncul kebingungan. "Waduh lagunya sih sering denger nih tapi nggak tahu judul ama yang nyanyi siapa," kata rekan dari Oblitz tergelak.

Sejak kehadirannya tiga tahun silam, Yaris terus melakukan penyempurnaan. Di versi terbarunya ini, penyegaran tampak dari desain baru pada bumper depan dan belakang, gril radiator, head lamp dan rear combination lamp, engine hood ornament, dan alloy wheel. Sentuhan baru pada interior New Yaris teriihat pada new audio connector yang berfungsi sebagai auxiliary input (Aux In) untuk music player, seperti MP3, iPod dan sebagainya.

Acara diakhiri di cafe Barcode La Codefin di kawasan Kemang. Mengarah ke kawasan yang terkenal padat dan bertepatan jam pulang kantor ternyata tidak menjadi masalah dengan Yaris. Sembari menikmati musik, Tempo yang kebetulan menyetir dengan enaknya meliuk-liukkan bodi mobil berdimensi 3.750 mm x 1.695 mm x 1.520 mm ini sampai ke tujuan.

Hangout sambil menikmati musik menjadi acara penutup setelah seharian menjadi 'muda kembali' bersama Yaris. Tapi, bukan berarti anak muda yang groovy kesehariannya cuma ini, kan?

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi