Button Dukung Pembatasan Pengeluaran Finansial Formula Satu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 1 Mei 2009 06:26 WIB
TEMPO Interaktif, London:Pemimpin poin Formula Satu musim ini Jenson Button mendukung pengenalan tentang tambahan pembatasan pengeluaran finansial tim-tim jet darat senilai 40 juta poundsterling atau sekitar Rp 623 miliar pada 2010.

“Untuk setiap pabrikan dan tim-tim besar saya yakin mereka tidak menginginkan hal itu. Namun untuk tim seperti Brawn kami perlu itu untuk masa depan. Ini cara F1 agar berjalan dengan lancar,” tegas Button, pembalap Brawn GP yang masih memimpin perolehan poin dengan nilai 31, Jumat (1/5).

Sebelumnya Federasi Otomotif Internasional (FIA) mengatakan akan memberlakukan pembatasan pengeluaran 10 juta poundsterling Rp 156 miliar, lebih tinggi dari proposal awal dari seperempatnya di mana yang telah dihabiskan setiap tim jet darat.

Ajang F1 yang didominasi pabrikan mobil terpukul akibat krisis finansial global yang dikarenakan menurunnya pembelian. Mantan tim Button, Honda memutuskan untuk mengundurkan diri dari kompetisi musim ini dan ada kemungkinan langkah tim Jepang tersebut akan diikuti tim lainnya.

Tim-tim memang menginginkan pembatasan pengeluaran, meski kompak, mereka mempunyai pandangannya masing-masing tentang bagaimana hal tersebut dijalankan.

“Kami memerlukan tim-tim yang tidak mempunyai pabrikan. Bagi kami, Williams dan tim-tim kecil lainnya senang dengan keputusan ini,” jelas Button.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi