Fokus Produksi Mobil Listrik, Ford Fiesta Disuntik Mati
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 4 Juli 2023 14:00 WIB
Ford Cologne Electric Vehicle Center hasil investasi $2 miliar, mengubah fasilitas historis di Jerman sejak tahun 1930. Produksi tahunan 250.000 unit untuk kendaraan listrik. (Foto: Ford)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ford berencana menyuntik mati produksi model Ford Fiesta  saat mereka bersiap menyongsong elektrifikasi. Mobil tersebut dihentikan untuk memberikan ruang yang sangat dibutuhkan di pabrik Cologne, Jerman, guna membangun SUV listrik terbaru Ford Explorer.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ford mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan menghentikan produksi mobil kompak ikonik ini lebih awal dari yang diperkirakan karena mempercepat transisi ke kendaraan listrik.

Dikutip dari Autocar, model Fiesta terakhir akan keluar dari jalur perakitan pada tanggal 7 Juli 2023. Usai 47 tahun dan delapan generasi, era Fiesta akhirnya resmi berakhir demi kendaraan listrik.

Ford Explorer SUV EV mulai ditawarkan kepada konsumen di kawasan Eropa. (Ford)

Keputusan ini diambil setelah produsen mobil Amerika itu mengumumkan bahwa mereka akan menjadi merek mobil listrik di Eropa pada tahun 2030, dengan sembilan model kendaraan listrik dalam lini produk mereka mulai tahun 2024.

Sebagai informasi, Ford Fiesta adalah salah satu dari beberapa kendaraan berbahan bakar fosil yang dihentikan produksinya oleh Ford (termasuk minivan S-Max dan Galaxy) untuk memberi ruang pada kendaraan listrik, termasuk Ford Explorer bertenaga listrik.

Ford sebelumnya mengatakan bahwa mereka hanya akan menjual kendaraan listrik di wilayah tersebut mulai tahun 2030.

Produsen mobil ini bertujuan untuk menjual 600.000 mobil listrik setiap tahunnya pada tahun 2026 saat mereka menuju untuk menjadi merek yang sepenuhnya kendaraan listrik di Eropa pada akhir dekade ini.

Pilihan Editor: Ford BlueOval City, Fasilitas Masa Depan Produksi Truk Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi