Mobil Balap Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Limbah Pabrik Coklat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 6 Mei 2009 09:47 WIB
AP
TEMPO Interaktif , London: Beberapa Ilmuwan baru-baru ini mengenalkan produk yang menjadi harapan banyak orang di dunia, yakni kendaraan dengan bahan bakar nabati dari limbah pabrik coklat.

mobilKendaraan yang didesain dari fiber yang bisa didaur ulang, kemudian ditopang dengan energi biofuel bisa menghasilkan kecepatan mencapai 145 meter per jam. Hal ini juga memberikan ide untuk membangun kendaraan yang bersahabat dengan lingkungan.

Mobil dengan tenaga minyak nabati dan coklat buangan ini ternyata mampu diubah menjadi biofuel. Sementara setir dan roda mobil terbuat dari fiber yang berbahan dasar wortel dan akar berbagai sayuran. Sedangkan tempat duduknya dibuat dari serat rami dan busa minyak kacang kedelai. Begitu pula dengan lapisan badan mobil juga berasal dari serat-serat tumbuhan.

Ilmuwan dari Universitas Warwick mengkliam bahwa mobi mereka adalah mobil tercepat dengan menggunakan bahan bakar alami. Selain itu juga mobil dengan materi yang bisa dimakan bakteri. Spesifikasi mobil yang dibangun saat ini menggunakan ukuran, berat dan penampilan seperti Formula Tiga.

Manajer proyek Warwick James Meredith mengatakan model ini menunjukkan bahwa membuat mobil cepat, efisien, dan ramah lingkungan adalah hal yang bisa terjadi. Mobil ini diberi nama mobil balap “WorldFirst Formula 3”, yang akan dipajang di beberapa balapan termasuk Grand Prix Eropa dan festival kecepatan Goodwoood di Inggris.

AP| NUR HARYANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi