Ferrari Ancam Tinggalkan Formula Satu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 13 Mei 2009 08:12 WIB
TEMPO Interaktif, Milan:Ferrari akan berhenti dari ajang Formula Satu pada akhir musim jika Federasi Otomotif Internasional (FIA) nekat menjalankan pembatasan pengeluaran tiap tim pada 2010. Ini ditegaskan pabrikan Italia tersebut setelah menggelar pertemuan.

“Tidak akan ada Ferrari di F1 pada 2010 jika peraturannya tidak berubah. Ferrari menyatakan penolakannya kepada peraturan baru dari FIA dan tidak bermaksud untuk mendaftarkan mobil pada musim depan,” kata pernyataan resmi Ferrari, Rabu (13/5).

Toyota dan Red Bull telah mengancam tidak akan mengikuti lomba F1 musim depan. Itu jika FIA tidak merubah peraturan tentang pembatasan pengeluaran. Presiden FIA, Max Mosley ingin mengenalkan tambahan pembatasan pengeluaran setiap tim senilai 40 juta poundsterling (sekitar Rp 629 miliar) untuk mendorong tim yang ingin memasuki ajang jet darat.

Rencana pembatasan pengeluaran ini di lain pihak memungkinkan setiap tim berkreasi dalam hal kebebasan teknis. Presiden Ferrari Luca Di Montezemolo, Ketua Asosiasi Tim Formula Satu (FOTA), telah memperingatkan peraturan pembatasan pengeluaran yang akan diberlakukan musim depan “secara fundammental tidak adil dan mungkin bias.”

FIA telah memberikan tenggat hingga 29 Mei bagi tiap tim untuk mendaftarkan keinginannya untuk berlaga musim depan. Ferrari, tim tertua dan tersukses di F1, juga mengancam akan mundur pada Oktober jika FIA tetap ngotot membelakukan standard mesin yang sama bagi setiap tim.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi