Motor Listrik Sport Muncul di Inggris  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 13 Mei 2009 20:11 WIB
Copyright by Green Car Site

TEMPO Interaktif, Jakarta: Kendaraan bertenaga listrik belakangan ini kembali mendapat perhatian karena harga bahan bakar minyak bergerak tidak terkendali ditambah kampanye penurunan polusi udara.

Namun kendaraan bertenaga listrik belum bisa menarik perhatian pengguna kendaraan karena daya tempuh dan tenaga kendaraan itu belum bisa menyamai kendaraan berbahan bakar konvensional.

Hal itu terus dikikis lewat penelitian dan sebuah perusahaan motor di Inggris bernama Zero Motorcycles berhasil melakukannya. Perusahaan itu memperkenalkan rancangan sepeda motornya yang dilaporkan bisa ngebut menyaingi motor konvensional.

Motor ini diklaim bisa melesat dari posisi berhenti hingga 80 kilometer perjam dalam waktu lima detik. Catatan itu terbilang luar biasa untuk ukuran motor bensin sekali pun. Menurut Zero Motorcycles hal itu bisa dicapai karena tidak ada persneling pada motor ini dan bobot yang ringan.

Neal Saiki, perancang motor ini mengatakan ia merintis rancangan ini enam tahun lalu dengan biaya pribadi setelah meninggalkan pekerjaannya sebagai perancang peralatan ruang angkasa bagi badan antariksa nasional Amerika Serikat. Saiki juga merancang baterai yang mampu menggerakkan motor hingga jarak 60 mil untuk setiap kali pengisian penuh.

Rancangannya kini dijual di ruang-ruang pamer di Inggris dan kota-kota lain di Eropa karena ada investor dari perusahaan finansial besar. Industri otomotif konvensional menurut Saiki masih enggan menanamkan modal mereka pada kendaraan listrik.

BBC | RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi