Otoklix Tertarik Bangun Bengkel Kendaraan Listrik Berteknologi AI
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 9 September 2023 09:03 WIB
Mekanik menyelesaikan konversi mobil biasa ke mobil listrik di bengkel kerja Spora EV, kawasan Lengkong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 3 Januari 2023. Biaya untuk konversi mobil biasa menjadi mobil listrik memakan biaya Rp250 juta hinggaRp 900 juta targantung dari jenis mobilnya. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Otoklix, perusahaan teknologi di bidang aftermarket otomotif yang berbasis di Indonesia, mengungkapkan rencana mereka untuk berperan sentral dalam perbaikan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan dukungan awal dari AC Ventures sebagai investor utama, Otoklix diklaim menawarkan proses pemeliharaan kendaraan yang lebih mudah, lebih terstandarisasi, dan transparan. Pengguna juga dapat mengakses layanan di bengkel yang direkomendasikan di sekitarnya, dan menerima jaminan untuk transaksi di lokasi yang bekerja sama dengan Otoklix.

Terkait masa depannya, Otoklix sudah bekerja sama erat dengan klien seperti Telkom Group. Di sisi teknologi, mereka sedang mengembangkan kecerdasan buatan (AI) yang eksklusif, dengan tujuan mengotomatisasi proses data dan diagnostik untuk meningkatkan efisiensi di bengkel.

Otoklix juga bersiap untuk menjadi aftermarket kendaraan listrik di Indonesia dengan berfokus pada persiapan dan pendidikan tim bengkel untuk melayani sepeda motor listrik.

Martin Reyhan Suryohusudo, Pendiri dan CEO Otoklix, mengatakan, dalam waktu dua tahun, Otoklix telah mencapai pertumbuhan pendapatan dua kali lipat dari tahun ke tahun, Ini membuktikan adanya potensi besar yang belum tergali di sektor aftermarket otomotif Indonesia. 

"Ketika sektor ini menghadapi tantangan seperti kurangnya standarisasi dan ketidakefisienan, kami melihat ini bukan sebagai hambatan, tetapi sebagai peluang. Peluang untuk memberikan solusi digital yang transformatif yang tidak hanya membuat pemeliharaan kendaraan menjadi pengalaman yang mulus bagi pemiliknya, tetapi juga mendorong keunggulan operasional bagi bengkel independen," ucap dia.

Martin menambahkan, pertumbuhan persentase dua digit dalam ekonomi unit yang positif juga menunjukkan bahwa pihaknya berada di jalur yang benar.

"Saat kami mendekati keuntungan, kami bersiap untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar dan menetapkan standar industri baru, membuat Otoklix menjadi pilihan utama dalam perawatan otomotif di Indonesia," jelas dia.

Pilihan Editor: Tips Merawat Motor Matik Agar Mesin Awet

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi