Honda Janji Berikan Layanan Terbaik untuk Kasus Rangka eSAF Berkarat
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 16 September 2023 09:00 WIB
Bercak kuning di rangka eSAF (TEMPO/ Erwan Hartawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) berjanji akan menindaklanjuti dan menyiapkan layanan terbaik kepada konsumen sehubungan dengan keluhan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) sejumlah model motor Honda berkarat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengapresiasi langkah yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait rangka eSAF ini. Menurutnya, penelitian yang dilakukan pemerintah ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap keselamatan konsumen sepeda motor Honda.

"Kami akan menindaklanjuti dengan beberapa langkah antara lain dengan memberikan layanan terbaik melalui pemeriksaan dan penanganan terhadap setiap keluhan konsumen di jaringan bengkel resmi kami," kata Muhibbuddin saat dihubungi Tempo hari ini, Jumat, 15 September 2023.

Sebelumnya, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama dengan (KNKT) merilis hasil investigasi mereka terkait rangka Enhanced Smart Architecture Frame (rangka eSAF) pada sepeda motor Honda. Penelitian dilakukan sejak Agustus hingga September 2023.

"Hasil penelitian telah ditindaklanjuti dan kami bersama KNKT akan mengawal serta mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan resminya, Jumat.

Tim penelitian Kemenhub dan KNKT mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat, 1 September 2023.

Tim penelitian mengatakan bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilapisi coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping atau celup.

Dalam proses pengendalian kualitas produk, mulai dari tahap incoming material, press, welding dan pelapisan, termasuk dimensi atau ketebalan dari hasil pelapisan, prosesnya sudah memenuhi persyaratan standard manufacturing global. 

Kemudian berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual, dapat dikatakan struktur rangka eSAF ini cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

Tim penelitian Ditjen Hubdat dan KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen. Berdasarkan pemeriksaan, ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran. Kondisi ini membuat air berpotensi tersumbat serta menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan bersifat korosif.

AHM disebut tengah menindaklanjuti hasil investigasi tersebut dengan cara melakukan optimalisasi terhadap cara perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh.

Selanjutnya, untuk menindaklanjuti motor yang sudah berada di konsumen, AHM membuka layanan pemeriksaan dan penanganan dengan menyediakan layanan 24 jam melalui contact center Honda 1-500-989 atau konsumen bisa datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.

Pilihan Editor: AHM Buka Layanan Pengecekan Rangka eSAF Motor Honda

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi