Membuktikan Kedigdayaan Pajero Sport
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 28 Mei 2009 15:29 WIB
zcars.com
TEMPO Interaktif, Jakarta :Mobil Pajero Sport yang membawa kami langsung melesat, begitu aba-aba start dikibaskan. Adrenalin pun terasa terpacu dengan cepat, ketika sang driver, Hiroshi Masuoka, terus menginjak pedal gas.

Pajero sportDi atas track yang berlumpur dengan beberapa tikungan tajam dan gundukan yang cukup tinggi, Masuoka, juara reli Paris Dakar 2002 dan 2003, dengan ganas terus menggeber mobil. Meski melesat di track gundukan, berlumpur, serta tikungan tajam, kami tak merasakan guncangan dan hentakan yang keras.

Memang kepiawaian Masuoka dalam mengendalikan mobil harus diakui sangat menentikan. Tetapi dukungan teknologi mobil yang ditunggangi juga sangat mendukung sang jawara saat beraksi.

Dan itu diakui Masuoka. "Suspensi, sasis dan mesin Pajero Sport ini merupakan titisan dari Pajero yang digunakan dalam Paris-Dakar, karena itulah terasa sangat nyaman dan tangguh," ujar pria 49 tahun itu, sebelum mengajak kami ikut dalam petualangannya di sirkuit reli di Dawuan, Cikampek Barat, Selasa (26/05) lalu.

Dalam test dirive itu, tiga wartawan termasuk Tempo diajak untuk merasakan sensasi yang dijanjikan oleh varian terbaru mobil keluaran Mitsubishi Motors Corporation tersebut. Yang pasti, Masuoka bukan sekadar berpromosi tentang mobil yang pernah ia tunggangi saat mengikuti reli Paris – Dakar yang terkenal ganas itu.

Faktanya, kami bisa merasakan, akselarasi mobil begitu cepat dan ringan, saat Masuoka melibas track berlumpur dengan beberapa gundukan. Tingkat suspensinya pun begitu empuk, sehingga guncangan demi guncangan, meski membuat detak jantung terasa lebih cepat, namun tak membuat kami merasa seperti dikocok-kocok.

Sistem anti lock brake system yang dipasang pada mobil ini membuat mobil tak oleng, tetap stabil meski dilakukan pengereman mendadak. Walhasil, Masuoka pun bisa langsung tancap gas dengan cepat.

Dengan membuktikan sendiri kehandalan mobil itu, kami pun menjadi mahfum bila generasi baru trah Pajero itu disebut sebagai mobil yang berkonsep All Round Sport Utility Vehicle. “Mobil ini dikonsep sebagai mobil yang tangguh di segala medan dan nyaman untuk aktivitas di dalam kota,” tutur Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian, Rizwan Alamsjah.

Yang terang, dengan performa seperti itu, Mitsubishi ingin menunjukkan diri bahwa dirinya mampu bersaing di pasar mobil SUV nasional. Apalagi penampilan eksterior dan interior mobil ini lebih stylish, seolah ingin menjawab selera pasar.

Karakter sebuah kendaraan sporty terlihat dari tampilan depan, mulai dari grill dan fender yang terlihat kokoh dengan lekuk bodi yang dinamis.

Sementara ciri sebagai kendaraan yang cocok untuk ke kantor maupun berkendara bersama keluarga ditunjukkan dengan tampilan interior yang lebih lapang dengan tujuh kursi penumpang.

Pada sub varian Mitsubishi Pajero Sport Exceed misalnya, interior terlihat mewah. Selain lapang, dengan tujuh kursi, juga dilengkapi paduan balutan kulit warna beige dengan wooden print panel serta beragam fitur pendukung seperti central lock, power window, electric mirror, electronic time & alarm control system, dan lain-lain.

interiorSementara untuk keamanan, mobil ini juga dilengkapi dual airbag dan antilock system sehingga lebih efektif melindungi keselamatan penumpang. Dan yang tak kalah penting adalah, front seatbelt pretensioner with force limiter, collapsible steering wheel, serta safety release brake pedal yang dimaksudkan untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih dalam melindungi penumpang.

Mitsubishi kali ini meluncurkan tiga varian Pajero Sport, masing-masing Exceed A/T 4X4, Pajero Sport Exceed A/T 4X2, Pajero Sport GLX M/T 4X4. Ketiganya ditopang oleh mesin tangguh 4D56 2.5 DI-D DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled.

Untuk Exceed AT 4X4 dan GLX MT 4X4, Mitsubishi bahkan telah melengkapinya dengan transmisi 4AT INVECS-II serta Sport Mode. Dengan demikian pengguna akan mendapatkan pilihan dalam mengoperasikan kendaraan secara otomatis atau manual.

Hanya memang, untuk sebuah SUV medium, getaran di dapur mesin masih terasa di kabin, meski getaran itu sangat halus. Lantas berapa harga yang dibanderol untuk mobil ini? “Nanti saja, pada 18 Juni saat diluncurkan resmi kita umumkan harganya,” ujar Rizwan.

ARIF ARIANTO

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi