Pertamina Uji Oli Enduro Matic dengan Touring Jawa - Bali  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 Juni 2009 22:54 WIB
dok pertamina

TEMPO Interaktif, Jakarta:Untuk menyempurnakan performa oli Enduro Matic yang diproduksinya, PT Pertamina menggelar “Pertamina Enduro Matic Jawa Bali Vaganza 2009" sebagai media road test oli yang diproduksinya itu.

Touring PertaminaAcara yang diikuti oleh enam bikers sepeda motor matik itu, Kamis (04/06) telah mencapai wilayah Surabaya. Mereka Berangkat dari Jakarta 2 Juni lalu Para peserta akan menempuh jarak 3.000 kilometer Jakarta - Bali pergi pulang dengan masa tempuh selama 11 hari.

Menurut Brand & Communication Department Head of Pertamina Lubricants, Redesmon Munir, hingga tim memasuki kota Surabaya, semua sepeda motor dan pengendara dalam kondisi prima. "Ini menunjukkan tidak ada masalah oli di motor di kala cuaca yang panas," ungkap Redesmon Munir kepada Tempo di Jakarta,Kamis (04/06).

Redesmon menambahkan, sebelumnya uji laboratorium dyno dan tes jalan raya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tahun lalu. "Tahapan dyno test dan road test di Jabodetabek itu, menjadi output untuk perbaikan formula Enduro matic. Dengan dasar oli sintetis, maka pengujian Jakarta Balipada jarak yang lebih panjang, kondisi jalan yang lebih “garang” serta mesin digeber dalam jangka waktu yang panjang, maka hasil yang diperoleh akan sempurna," aku Redesmon.

Dan seperti hasil pengujian sebelumnya itu, pada pengujian melalui touring kali ini, tidak mengalami perubahan. "Dari proses perjalanan ini, terbukti bahwa cooeficient friction test Enduro Matic yang sangat rendah (0.043) mampu menjadikan enam motor melaju dengan baik. Artinya uji laboratorium yang dilakukan selama ini, mendukung hasil di lapangan,"terangnya.

Ia menyebut, Enduro Matic merupakan minyak pelumas mesin sepeda motor empat tak (langkah) jenis matik dengan kekentalan ganda atau yang lazim disebut sebagai multi grade. "Oli ini memiliki spesifikasi teknis SAE (Society of Automotive Engineers ) 10W 30 memenuhi tingkat performance JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor empat tak jenis matik. Disamping itu memenuhi kriteria tingkat performance API (American Petroleum Institute) SL," papar Redesmon.

Enduro Matic, sebut Redesmon, juga dimaksudkan untuk mengurangi gesekan pada enjin di putaran dan suhu yang tinggi karena memiliki tingkat aditif moly yang tinggi. Selain itu, dengan viskositas rendah selain mempermudah sirkulasi pelumas sehingga konsumsi bahan bakar yang lebih irit, juga akan mempermudah penyalaan di saat mesin dingin.

Saat ini, oli Enduro Matic itu, telah diproduksi dan dipasarkan di beberapa kota besar baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan serta Sulawesi. "Kini, tugas kami adalah mengedukasi konsumen, bahwa motor matik butuh oli khusus, karena sistem koplingnya berbeda. Dan kegiatan ini juga menjadi marketing tools dalam pertempuran di pasar," tandasnya.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi