Industri Mobil Inggris Anjlok, Pembeli Dapat Diskon Besar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Juni 2009 05:52 WIB

TEMPO Interaktif, London: Produksi kendaraan bermotor di Inggris anjlok hingga 43 persen pada periode yang sama tahun lalu.  Perkumpulan Penjual dan Pabrikan Motor menyatakan meskipun jatuh hingga 43 persen (menjadi 67.754 unit) tapi angka ini dianggap kecil. "Produksi kendaraan komersial justru anjlok higga 73, 5 persen," ujar chief executif dari perkumpulan itu, Paul Everitt.

Untuk menyiasati kondisi ini, untuk sementara waktu dilakukan penghentian pabrik atau memotong produksi dan mengurangi suplai setelah hantaman turunnya permintaan. Everitt juga mengatakan lima bulan pertama 2009, produksi mobil turun 54 persen menjadi 319.022 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dampak dari skema bantuan yang diterapkan pemerintah Inggris akan terlihat sementara. Kebijakan kepada pabrikan untuk mengurangi persediaan dari permintaan memang menyakitkan namun dibutuhkan. "Ada kaitan langsung antara permintaan pasar dan volume produksi." ujarnya.

Dia menambahkan kepercayaan bisnis rendah, terutama jenis van dan lorrie. Pemerintah memberi skema kepada industri mobil hingga 2010, berupa diskon sebesar 2.000 euro kepada pembeli mobil baru dengan syarat tertentu.

Awal pekan ini, pemerintah menunjukkan gambaran lebih dari 60 ribu pesanan mobil dibawah subsidi pemerintah telah dipindahkan. Pemerintah telah menyisihkan 300 juta euro untuk membayar skema yang menguntungkan lebih dari 300 ribu pelanggan. Skema yang sama juga dikenakan oleh Jerman awal tahun ini.

BBC/DIAN YULIASTUTI

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi