Cerita Marc Marquez Beri Pertolongan Franco Morbidelli yang Tak Sadarkan Diri di Sirkuit
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 5 Februari 2024 09:29 WIB
Pebalap Gresini Racing Marc Marquez menyapa tamu undangan saat menghadiri konferens pers "Kick-off Gresini Racing Team" di Jakarta, Sabtu 3 Februari 2024. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu sponsor Gresini memperkenalkan Marc Marquez dan Alex Marquez untuk musim balap MotoGP 2024. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Marc Marquez bercerita saat detik-detik dirinya memberikan penyelamatan terhadap Franco Morbidelli di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diketahui sebelumnya, Morbidelli mengalami kecelakaan saat melakukan tes bersama para pembalap World Superbike (WSBK) dan rekan-rekan MotoGP-nya yang menunggangi Ducati di Algarve, 30 Januari 2024. Rider Pramac Ducati itu terjatuh saat menikung di Tikungan 9.

Akibat kecelakaan tersebut, pembalap asal Italia itu langsung tergeletak di atas gravel dan disebut kehilangan kesadarannya. Karena ini merupakan tes tertutup, maka marshall dan petugas medis yang tersedia pun terbatas.

Beruntung, Marc Marquez dan adiknya Alex Marquez yang berada di belakangnya langsung berinisiatif melakukan pertolongan pertama ke Franco Morbidelli sampai petugas medis datang.

"Saya dan Alex membantu Franco. Kami memang lawan tapi kami juga teman di profesi yang sama. Kami lihat bendera merah, dan kami yang pertama sampai di sana dan melihat Franco tidak sadarkan diri," tutur Marquez saat menghadiri acara konferensi pers di Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta Pusat, Sabtu 3 Februari 2024.

"Dia ada di posisi yang agak aneh, kepalanya tegak, saya dan Alex langsung berhenti, kami tinggalkan motor kami, kami ke Franco dan mencoba membuatnya berada dalam posisi lateral," sambung juara MotoGP 6 kali itu.

Marc Marquez selanjutnya langsung berisiatif untuk membuka jaket dan helm Franco Morbidelli agar udara yang masuk lebih banyak.

"Karena ketika Anda tidak sadarkan diri, posisi dia itu bahaya karena Anda tidak bisa bernapas dengan baik, jadi kami menaruhnya pada posisi lateral. Kami juga buka jaketnya dan helmnya dan kami menunggu tim medis. Ketika tim medis tiba kami kembali (melaju)," Marc Marquez melanjutkan.

Kendati pernah berselisih di trek dengan Morbidelli, Marquez mengakui tetap membantu sebagai sesama profesional.

"Kami memang lawan, tapi dalam waktu yang sama kami juga rekan satu profesi. Jadi kami berharap yang terbaik untuk semua,” pungkas Marc Marquez yang kini di tim Gresini Racing MotoGP.

Pilihan Editor: Dorna Sports Rilis Jadwal Terbaru MotoGP 2024 usai Seri Argentina Dibatalkan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi