Dorna Anggap Wajar Besarnya Potensi Kecelakaan di MotoGP 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 12 Februari 2024 08:03 WIB
Tes Pramusim MotoGP 2024 di sirkuit Sepang, Malaysia. 6-8 Februari 2024 (Foto: Gresini Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMotoGP akan menggelar 21 seri pada MotoGP 2024 dan dengan adanya balapan sprint race pada hari sabtu maka total tahun ini akan ada 42 balapan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semakin banyak jumlah balapan tentu membuat risiko pembalap mengalami kecelakaan dan cedera semakin besar. Ditambah motor para pembalap kian kencang dengan banyak paket pendukung aerodinamika. 

Meski begitu, Dorna tetap ngotot menggunakan format balapan dua kali dalam sepekan karena terbukti menambah jumlah penonton.

Bahkan, EO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta, mengakui, jika musim ini bakal penuh resiko kecelakaan yang terjadi. Tapi itu wajar sebab wajah balapan harus berubah.

“Jelas, lebih banyak balapan berarti lebih banyak kemungkinan cedera. Tetapi olahraga ini harus mengalami evolusi," kata Ezpeleta dikutip dari Speedweek, Senin, 12 Februari 2024.

Diketahui, musim lalu yang menggelar 18 seri saja, total ada 15 pembalap dari 22 pembalap mengalami cedera dalam satu musim. Dari jumlah itu 9 pebalap melewatkan setidaknya satu kali balapan karena cedera.

Masuk musim MotoGP 2024, meski balapan belum dimulai sudah memakan korban. Franco Morbidelli jatuh dalam tes Portimao, Portugal sehingga melewatkan tes Sepang, Malaysia. Selanjutnya Raul Fernandez pada hari pertama tes Sepang juga jatuh dan membuatnya absen pada tes hari kedua dan ketiga.

Meskipun jatuhnya dua pembalap tersebut karena faktor teknis, namun keduanya menyatakan peningkatan tekanan dan intensitas di sirkuit menjadi salah satu faktor.

Carmelo Ezpeleta menyebut, meski ada risiko yang besar di baliknya MotoGP 2024 harus tetap menarik di era baru. Berbagai cara sudah dicoba dan sprint race terbukti membuat MotoGP semakin populer.

“Kami bertarung tidak hanya dengan olahraga lain, kami bertarung dengan bentuk hiburan lain dan kami harus berupaya mendapatkan penonton yang diperlukan untuk dapat melakukan itu,” ujar dia.

Pilihan Editor: Davide Brivio Kembali ke MotoGP, Resmi Tangani Trackhouse Racing

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi