Penjualan Mobil Transmisi Manual Diprediksi Meningkat Tahun Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 29 Februari 2024 07:12 WIB
Transmisi manual BMW M2. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pilihan transmisi manual sempat mengalami penurunan minat dalam dua dekade terakhir. Namun, mobil dengan transmisi manual ini diprediksi akan mengalami peningkatan peminat pada tahun ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Kamis, 29 Februari 2024, meski peminat transmisi manual masih terbilang minoritas ditengah maraknya transmisi otomatis. Namun, antara tahun 2019 dan 2023, penjualan kendaraan transmisi manual meningkat lebih dari dua kali lipat, mencapai 1,7 persen dari total penjualan.

Tren peningkatan ini diperkirakan terus berlanjut. Pada tahun ini, mobil transmisi manual diperkirakan akan ada lebih dari dua persen dari semua kendaraan baru. Alasannya adalah karena semakin banyak yang berorientasi pada antusias ditawarkan dengan transmisi manual.

Transmisi manual saat ini tetap hidup oleh beberapa model mobil sport seperti Mazda MX-5, Subaru BR-Z, dan Toyota GR 86. Mobil bertransmisi manual ini memiliki harga yang lebih rendah dan berfokus untuk menawarkan pengalaman yang menarik bagi penggunanya.

Sejumlah pabrikan kelas atas saat ini mulai tertarik untuk menghadirkan transmisi manual pada jajaran produknya. Misalnya BMW Z4, Toyota Supra, dan BMW M2 yang kini ditawarkan dengan opsi tiga pedal.

Meningkatnya tren penggunaan transmisi manual ini menjadi kabar baik bagi para peminatnya, meskipun belum jelas sebesarap besar pasarnya nanti. Beberapa studi menyebutkan bahwa pembeli muda menjadi salah satu pendorong penjualan mobil bertransmisi manual di pasaran.

DICKY KURNIAWAN | CARSOOPS

Pilihan Editor: Tips Merawat Mobil Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi