Berikut Daftar Perusahaan Penyedia SPKLU untuk Mobil Listrik di Indonesia
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 13 Maret 2024 11:30 WIB
SPKLU PLN di KM 229B. Test Drive Neta V, Semarang - Jakarta, 14 Desember 2023. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Meningkatnya tren kendaraan listrik di Indonesia membuat berbagai perusahaan turut ekspansi dalam penyediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik, salah satunya adalah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini, ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan SPKLU bagi pengguna kendaraan listrik di Tanah Air, termasuk perusahaan pelat merah, PLN.

Berikut daftar perusahaan penyedia SPKLU untuk mobil listrik di Indonesia, dilansir dari laman Astra OtoShop pada hari ini, Rabu, 13 Maret 2024.

1. PLN

PT PLN (Persero) mencatatkan jumlah SPKLU hingga awal 2024 sebanyak 1.124 unit dan 1.839 unit untuk Stasiun Penukaran Baterai kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Selain itu, ada 9.558 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Casion

Menggandeng perusahaan teknologi terkemuka BB, Jenama Electric Vehicle berhasil menghadirkan SPKLU terbaru mereka di pusat perbelanjaan Cilandak Town Square (Citors) dan Talavera Office Park, Jakarta. 

Pada tahun 2023, charging station Casion dapat digunakan secara gratis oleh pemilik kendaraan listrik atau jenis kendaraan PHEV. 

Ke depannya, selain memperluas jaringan EV charging station, Casion juga akan merilis aplikasi khusus di Android dan iOS yang dapat digunakan para pengguna EV untuk mencari lokasi charging station Casion terdekat, memonitor status pengisian daya, dan melakukan pembayaran via e-wallet.

3. Starvo

PT Starvo Global Energi yang membawahi Starvo Indonesia saat ini memiliki 50 SPKLU yang tersebar mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Bali. Starvo EV Charging dapat digunakan oleh berbagai jenis mobil listrik seperti Tesla, BMW, Hyundai, Kia, Wuling, Mercedes-Benz, dan Toyota.

4. Shell Recharge

Shell Indonesia menyediakan layanan Shell Recharge yang merupakan SPKLU untuk kendaraan listrik. Layanan Shell Recharge ini tersedia di SPBU Shell Pluit Selatan 1 (Jakarta Utara), SPBU Shell Antasari 1 (Jakarta Selatan), SPBU Shell Jagorawi KM 21 (Bogor), dan di Mall Pacific Place.

5. Medco

PT Medco Power Indonesia (MPI) meluncurkan program Electric Vehicle Ecosystem, dengan langkah awalnya membangun unit charging station di Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan.

6. Astra Otopower

Astra Otopower menyediakan tiga tipe mesin pengisian, mulai dari wall mount charging hingga mesin pengisian ultra-fast charging dengan tiga konektor. Per 2024, Astra Otopower memiliki 26 unit charging station di 23 titik lokasi pengisian yang tersebar di seluruh Pulau Jawa, yang dapat digunakan berbagai merek mobil listrik.

Pilihan Editor: Pengamat Bilang Penyediaan Charger Mobil Listrik Harus Didukung Pabrikan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi