Budi Karya Sumadi: Mudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi 193 Juta Orang
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 17 Maret 2024 17:00 WIB
Salah satu bus yang mengangkut peserta Program Mudik Gratis Lebaran 2023 untuk kembali ke Jakarta dan sekitarnya diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Solo, Jumat, 28 April 2023.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada 193 juta orang yang melakukan mobilitas atau mudik Lebaran 2024 pada Hari Raya Idul Fitri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari jumlah tersebut, sebanyak 28,4 juta jiwa yang merupakan penduduk Jabodetabek. Sehingga berbagai langkah antisipatif dari pengaturan lalu lintas sampai mudik gratis disiapkan.

"Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi, terdapat tren peningkatan pergerakan masyarakat secara nasional di masa lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7 dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang," kata dia dikutip dari Antara, Minggu, 17 Maret 2024.

"Sebesar 14,6 persen atau 28,4 juta orang merupakan penduduk Jabodetabek. Hal ini mengindikasikan terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk mudik," lanjut Budi Karya Sumadi.

Oleh karenanya, Budi Karya Sumadi mengklaim akan melakukan langkah antisipasi atas lonjakan peningkatan arus mudik di tahun ini. Persiapan dilakukan secara operasional dan melalui kebijakan dalam pengendalian pengaturan, transportasi serta penanganan secara komprehensif bersama instansi terkait.

"Penanganan secara komprehensif bersama instansi pemerintah pusat, pemda, Polri dan swasta, BUMN, serta BUMD," Budi Karya Sumadi menambahkan.

Budi melanjutkan, pihaknya  bersama Korlantas dan Kementerian PUPR telah merilis Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Pembatasan Opersional Angkutan Barang pada Lebaran 2024 sebagai bentuk penyesuaian saat mudik lebaran nantinya.

Kemenhub disebut juga akan melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana mudik untuk moda transportasi darat, laut dan udara. 

"Sosialasi juga dilakukan berkat kebijakan transportasi pada masa angkutan Lebaran 2024 dan meningkatan kedisiplinan berlalu lintas," ujarnya.

Diketahui, pada momen Lebaran 2024, Kemenhub kembali mengadakan program mudik gratis guna mengantisipasi lonjakan kendaraan pribadi.

Pilihan Editor: Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran Dimulai 5 April 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi