Polisi Imbau Masyarat Tidak Naik Motor pada Mudik Lebaran 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 24 Maret 2024 09:43 WIB
Pemudik mengendarai motor melintas di Jalur Pantura, Ciasem, Subang, Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. Pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai ramai melintasi jalur Pantura. Mereka rata-rata membawa sejumlah barang bawaan di atas motornya seperti tas, kardus dan sangkar burung. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor pada mudik Lebaran 2024. Pemudik diminta agar memanfaatkan 400 bus gratis pada program mudik gratis yang disediakan Korps Bhayangkara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik, terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftar mudik gratis Polri," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, dikutip dari laman Humas Polri pada hari ini, Minggu, 24 Maret 2024.

Imbauan tidak mudik menggunakan motor ini bertujuan meminimalisir kecelakaan saat mudik menggunakan motor. Kecelakaan lalu lintas disebut berpotensi menimbulkan korban jiwa.

"Agar mudik Lebaran dan arus balik dapat berjalan dengan lancar dan aman," ujar Trunoyudo Wisnu Andiko.

Kendati demikian, Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pihaknya tidak melarang bila masih ada masyarakat yang tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor. Namun, dia meminta agar pemudik tetap memperhatikan sejumlah hal terkait keselamatan.

"Cek kondisi fisik dan kendaraan yang akan digunakan hingga menyiapkan perlengkapan pendukung dalam menggunakan kendaraan roda dua," ucapnya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan bahwa penggunaan motor untuk mudik memiliki potensi kecelakaan yang cukup besar. Berdasarkan data Korlantas Polri, kecelakaan motor saat perjalan mudik mencapai 74 persen.

"Artinya, dengan data tersebut, yang akan mudik menggunakan sepeda motor sangat potensial terjadi kecelakaan," ujar Aan Suhanan, dikutip dari situs berita Antara.

Pilihan Editor: Selain Tol Cipali, Jalur Pantura Juga Diprediksi Macet saat Mudik Lebaran 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi