Berbeda dari Indonesia, Malaysia Gratiskan Tol untuk Mudik Lebaran 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 31 Maret 2024 16:00 WIB
Jalan tol di Malaysia. REUTERS
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Malaysia memberlakukan kebijakan khusus untuk warganya yang ingin merayakan Idul Fitri tahun ini. Salah satu aturannya adalah program gratis tarif jalan tol pada saat mudik Lebaran 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Bernama, Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Alexander Nanta Linggi mengumumkan jika pemerintah Malaysia telah menyetujui masa gratis jalan tol selama dua hari pada 8 dan 9 April 2024 bagi pengguna kendaraan pribadi Kelas 1. 

Pemerintah Malaysia diketahui mengalokasikan sekitar 37,6 juta ringgit (Rp 126,3 miliar) untuk menutupi biaya program gratis tol sehubungan dengan perayaan Idul Fitri tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Ahmad Maslan.

"Jika kita mengumpulkan biaya untuk dua hari tersebut, pemerintah menghabiskan sekitar RM38 juta (Rp 127 miliar) untuk membayar 33 perusahaan konsesi jalan tol di negara tersebut. Itu sekitar RM19 juta (Rp 130 miliar) per hari. Itu keputusan Kabinet, dan sudah final," ujar dia.

Ahmad menambahkan, sekitar 2,1 juta kendaraan diperkirakan akan menggunakan jalan tol setiap hari selama libur Lebaran 2024, yaitu pada 5, 6, 9, 12, 13, dan 14 April 2024. Hal itu naik dibanding hari sibuk biasa yang hanya mencapai 1,82 juta kendaraan.

Berbeda dengan negera tetangga, Indonesia nampaknya hanya akan memberlakukan diskon tarif pada periode libur Lebaran Idul Fitri 2024. Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan, kebijakan diskon ada di tangan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Tulus Abadi menyatakan bahwa Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait diskon tarif tol. Menurut dia, besaran diskon maksimal selama mudik Lebaran 2024 adalah 20 persen.

"Pertama diskon tarif itu kompetensinya BUJT. Asosiasi Tol Indonesia sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR untuk menginformasikan bahwa akan ada diskon tarif kisarannya maksimum 20 persen dari yang ada, khususnya di Trans Jawa yang diberlakukan," kata dia dikutip dari Antara.

Meski begitu hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari BUJT terkait besaran diskon selama musim mudik Lebaran 2024.

BERNAMA | ANTARA | ERWAN

Pilihan Editor: Bagnaia Marah Usai Tabrakan dengan Marc Marquez di MotoGP Portugal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi