Jalan Tol Solo-Yogya Dibuka Fungsional Lagi pada Mudik Lebaran Tahun Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 3 April 2024 07:00 WIB
Tol fungsional Jogja-Solo sepanjang sekitar 6 km cukup ramai digunakan oleh para pemudik Lebaran 2023. Berdasarkan pantauan Tim Mudik Tempo 2023 pada Rabu, 19 April 2023, banyak mobil berplat Jakarta melewati. FOTO: TEMPO/Kusnadi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan kembali membuka secara fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta pada mudik Lebaran tahun ini. Pembukaan ruas tol ini bertujuan mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik pada libur Lebaran 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ruas Tol Solo-Yogya ini dibuka pada 15 April 2024, mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB, dan hanya untuk kendaraan golongan 1 atau non-bus. Pembatasan masih dilakukan karena jalan tol ini masih dalam tahap konstruksi.

"Selama libur lebaran nanti, Jalan Tol Solo-Yogya hanya akan berfungsi satu arah saja. Pada periode 5-11 April untuk dari yang arah Solo menuju Yogya, kemudian pada 12-15 April untuk dari Yogyakarta menuju Solo," kata Direktur Utama Jasamarga Jogja Solo Rudi Hardiansyah, dikutip dari situs berita Antara pada hari ini, Rabu, 3 April 2024.

Ada dua akses menuju Tol Solo-Yogya ini. Pertama, dari Jalan Tol Trans Jawa, bisa masuk langsung ke GT Colomadu dan keluar di GT Ngawen dan menuju ke jalan nasional Yogya-Solo untuk menuju Klaten dan Yogyakarta. Akses kedua adalah dari Jalan Raya Solo-Semarang, masuk melalui GT Banyudono dan keluar di GT Karanganom atau GT Ngawen.

Untuk arus balik, kendaraan tujuan Solo, Boyolali, Kartasura dapat masuk melalui GT Karanganom atau Ngawen dan keluar di GT Colomadu atau GT Banyudono. Keberadaan tol fungsional Solo-Yogya ini bisa memangkas waktu perjalanan Kartasura menuju Klaten hingga 25 menit.

Pada mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan ada sekitar 12.000 kendaraan yang akan melintas tol fungsional Solo-Yogya dalam sehari. Pihak JMJ juga telah menyediakan toilet portable di KM 13.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Daftar 4 Tol Fungsional yang Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi