Penerapan Ganjil Genap Sudah Berlaku pada Arus Mudik Lebaran 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 6 April 2024 10:46 WIB
Arus mudik Lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung, 6 April 2024. (Foto: Gooto/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri mulai memberlakukan sistem ganjil genap di jalan tol periode mudik Lebaran 2024, mulai hari ini, Jumat, 5 April 2024. Ganjil genap berlaku dari pukul 14.00 WIB bersamaan dengan penerapan sistem rekayasa lalu lintas contraflow dan one way.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ganjil genap ini akan kami berlakukan di KM 0 Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 di Kalikangkung. Ini Paralel dengan pelaksanaan one way maupun contraflow," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, dikutip dari laman Humas Polri.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan pihaknya telah mensimulasikan penerapan ganjil genap di ruas Tol Japek. Penerapan ganjil genap ini bertujuan menekan angka VCR (Volume Capacity Ratio).

"Apabila kami lakukan dengan contraflow lajur, itu VCR-nya To Japek itu masih di atas 0,8. Harapannya itu di bawah 0,7," ujar Raden Slamet Santoso.

Penerapan ganjil genap bersamaan dengan contraflow dan one way diharapkan bisa menekan VCR menjadi di angka 0,6. Dengan demikian, jalur mudik bisa dilewati dengan nyaman dan aman.

Pilihan Editor: Tempo Kirim Tim Laporan Arus Mudik Lebaran 2024 ke 7 Titik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi