2 Perusahaan Mobil Listrik Siap Meramaikan Pengembangan EV di IKN
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 25 April 2024 12:00 WIB
Booth BYD di IIMS 2024. (Foto: BYD)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan bahwa pengembangan kendaraan listrik (EV) di Ibu Kota Nusantara (IKN) semakin besar. Diklaim banyak pihak dari dalam maupun luar negeri yang ingin terlibat dalam proyek kendaraan ramah lingkungan ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Minat bisnis swasta untuk berpartisipasi di Nusantara, terutama dalam pengembangan kendaraan listrik sangat besar," kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono, disitat dari Antara pada hari ini, Kamis, 25 April 2024.

Agung mengungkapkan PT Blue Bird Group Tbk., akan terlebih dahulu menghadirkan layanan transportasi publik ramah lingkungan di kawasan IKN. Transportasi tersebut meliputi bus rapid transit bertenaga listrik, taksi listrik, mobil listrik rental, hingga bus umum yang menghubungkan trayek Balikpapan dengan IKN.

Selain Bluebird, Perusahaan Umum (Perum) Damri juga tertarik untuk mengembangkan kendaraan listrik di IKN. Sementara, dari luar negeri, operator transportasi asal Singapura ComfortDelGro juga menyatakan minatnya untuk pengembangan kendaraan listrik di IKN.

Pabrikan mobil listrik seperti BYD dari Cina dan Skoda dari Republik Ceko juga telah menyatakan minatnya untuk menyediakan kendaraan ramah lingkungan di ibu kota baru tersebut.

"Jadi ini adalah agenda yang sedang kami kerjakan saat ini dan yang ditargetkan tahun 2024, kami akan mulai memiliki layanan bus listrik di Nusantara yang disediakan oleh Bluebird," ucap Agung.

Sebelumnya, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim mengatakan bahwa IKN akan menggunakan transportasi ramah lingkungan. Kendaraan pribadi di sana akan dibatasi dan 80 persen mobilitas perkotaan di IKN adalah transportasi publik.

"Jika ada kendaraan atau transportasi, maka kami akan melihat kendaraan bahan bakar non fosil atau transportasi publik listrik," ujar Silvia.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: 2.000 SPKLU Tiang Listrik Jadi Target PLN pada Tahun 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi