Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Gelaran Event Otomotif Selama 200 Hari
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 26 April 2024 15:00 WIB
Ngabuburit di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat saat Ramadan 2024 (Dok. ITDC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB telah menjadi tuan rumah dalam berbagai event. Salah satunya ajang balap motor bergengsi tingkat dunia di sirkuit Mandalika yakni MotoGP yang telah dua kali diselenggarakan yaitu pada 2022 dan 2023, dan berhasil mendatangkan lebih dari 100 ribu penonton pada setiap penyelenggaraannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain MotoGP, ada pula kejuaraan Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) yang saat itu sempat vakum selama empat tahun untuk kembali bertandang menyambangi Indonesia pada tahun 2023.

Tak hanya ARRC, terdapat event race lokal yang melahirkan bibit-bibit pembalap nasional muda yang berlaga di tingkat dunia seperti Veda Ega Pratama yang berlaga di Asian Talent Cup Champion 2023.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, menegaskan bahwa kami sangat serius menggali potensi dan memperkuat posisi Mandalika sebagai sport and entertainment tourism yang berkesinambungan.

“Pada tahun ini, Pertamina Mandalika International Circuit sudah terpesan 200 hari untuk event-event otomotif. Pemerintah sangat serius dalam mengaktivasi sirkuit ini, tidak hanya digunakan sebagai ajang balap motor roda dua saja, namun juga kita optimalkan untuk dapat digunakan sebagai ajang balapan roda empat,” kata Maya dalam keterangan resminya, Kamis, 24 April 2024.

Dalam waktu dekat, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah Japan Domestic Market (JDM) akan diadakan pada tanggal 28 April – 1 Mei 2024 dan menjadi yang pertama diselenggarakan di Mandalika.

"Kami ingin Pertamina Mandalika International Circuit ini menjadi bagian dari country branding serta memberikan multiplier effects bagi masyarakat Lombok. Oleh karena itu, kami menjadikan sirkuit ini sebagai ‘magnet’ utama pariwisata yang inklusif di Mandalika. Sirkuit dapat dibuka dan dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga pengunjung bisa datang dan merasakan sensasi driving di sirkuit dengan mobil Radikal," tutur Maya.

Pilihan Editor: Sirkuit Mandalika Gelar JDM Run 2024 pada Akhir Bulan Ini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi