Honda Investasikan Rp 178 T untuk Mengembangkan Kendaraan Listrik di Kanada
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 27 April 2024 09:00 WIB
Logo baru Honda untuk mobil listrik. (Dok Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda akan menghabiskan 15 miliar dolar Kanada atau sekitar Rp 178 triliun untuk memproduksi kendaraan listrik di Provinsi Ontario. Pabrikan Jepang ini akan membangun pabrik kendaraan listrik dan pabrik baterai di negara tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Sabtu, 27 April 2024, pabrik baterai Honda akan memiliki kapasitas tahunan sebesar 36 GWh. Sementara pabrik perakitan kendaraannya mampu memproduksi 240.000 kendaraan listrik per tahunnya, mulai 2028.

"Kami akan memperkuat sistem pasokan dan kemampuan kendaraan listrik kami dengan tujuan untuk meningkatkan permintaan kendaraan listrik di Amerika Utara di masa depan," kata CEO Honda Toshihiro Mibe.

Selain itu, Honda juga berencana membangun pabrik pengolahan bahan aktif katoda dan prekursor serta pabrik pemisah di dekatnya. Fasilitas ini akan didirkan dengan bantuan mitra usaha patungan POSCO Future M Co., Ltd., dan Asahi Kasei.

"Honda akan menjadi investor otomotif terbesar dalam sejarah Kanada. Kesepakatan ini akan mengarah pada rantai pasokan kendaraan listrik komprehensif pertama di Kanada," kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Pabrik kendaraan listrik Honda di Kanada akan didukung oleh Ohio EV Hub, yang akan memproduksi kendaraan listrik pada 2025. Di sana, produsen mobil tersebut menginvestasikan US$ 700 juta untuk melengkapi pabrik yang ada, dan diperkirakan menghabiskan US$ 4,4 miliar lagi untuk membangun pabrik baterai di dekatnya.

Kedua investasi tersebut merupakan bagian dari rencana jangka panjang Honda. Produsen mobil tersebut menargetkan kendaraan listrik dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen menyumbang 100 persen penjualannya pada 2040. Sementara pada 2050, Honda menargetkan netral karbon di seluruh aktivitas bisnisnya.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Bagnaia Tercepat di Practice MotoGP Spanyol, Dibuntuti Vinales dan Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi