Jokowi: Regulasi Insentif Mobil Hybrid Masih Dibicarakan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 5 Mei 2024 09:00 WIB
Jokowi di PEVS 2024. (GOOTO/Dimas)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menyiapkan regulasi yang mengatur soal pemberian insentif mobil hybrid. Aturan ini, kata Jokowi, sedang dibahas di tingkat kementerian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Masih dibicarakan dengan Menteri Ekonomi dan Menteri Perindustrian, ya," kata Jokowi saat mengunjungi pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2024) di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa insentif mobil hybrid tidak terlalu penting. Dia menilai bahwa saat ini insentif mobil listrik lebih mendesak ketimbang subsidi mobil hybrid.

"Menurut saya tidak terlalu penting, karena masih pakai bensin," kata Moeldoko saat mengunjungi pameran Indonesia International Motor Show 2024 beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah lebih mengarah untuk memberikan insentif bagi kendaraan listrik murni. Sebab, dia menilai mobil listrik dapat membantu negara untuk mencapai target nol emisi pada 2060.

Tidak hanya itu, Moeldoko yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) ini juga menilai bahwa kendaraan listrik murni dapat mengurangi beban pemerintah dalam impor bahan bakar minyak (BBM).

"Lebih baik (beri insentif) di kendaraan listrik, karena dampaknya nyata. Kendaraan listrik itu ada dua dampak positifnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara  Pertama masalah lingkungan, yang kedua masalah besaran impor BBM kita itu sangat-sangat besar," ujarnya.

Berdasarkan PP 74 Tahun 2021, saat ini pajak mobil hybrid masih memiliki kesetaraan dengan kendaraan konvensional, yakni sebesar 12,5 persen dan 1,75 persen, dengan total mencapai 14,25 persen. Sementara, tarif PPnBM mencapai 6 persen.

Pilihan Editor: Verstappen Juara Sprint Race F1 Miami 2024, Lewis Hamilton Merusak Balapan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi