Tips Memanaskan Mesin Motor yang Tepat dan Efektif
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 5 Mei 2024 15:00 WIB
Mekanik menyelesaikan sepeda motor yang dikonversi dari mesin bensin ke motor listrik di bengkel konversi binaan BRT electric Bacip Moto Shop di Bandung, Jawa Barat, 3 Juli 2023. Satu unit sepeda motor konversi yang sudah disubsidi membutuhkan anggaran Rp 9 juta per unit sudah termasuk surat kendaraan. Pemerintah memberikan subsidi Rp 7 juta per unit sepeda motor namun belum banyak menarik minat masyarakat. TEMPO/Prima mulia
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memanaskan mesin motor merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pengendara motor. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas atau perjalanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun jarang pengemudi tahu tentang cara memanaskan mesin motor yang tepat dan efektif. Selain itu, berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga mesin motor siap digunakan.

Memanaskan mesin membuat berbagai komponen mendapat sirkulasi oli atau pelumas sebelum dipakai untuk waktu yang lebih lama. Dengan adanya sirkulasi pelumas ini, maka mesin dapat berfungsi dengan baik ketika dipakai.

Selain memudahkan proses sirkulasi, memanaskan kendaraan juga berfungsi mengatur suhu motor sehingga lebih siap menemani perjalanan Anda.

Motor yang sudah lama tidak dinyalakan juga perlu untuk dipanaskan. Jika mesin motor sudah berhenti dalam jangka waktu lama, maka udara dan bahan bakar dapat bercampur. Hal itu dapat diatasi dengan memanaskan mesin motor secara tepat.

Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan ketika memanaskan mesin motor, dikutip dari Suzuki.co.id, Senin, 29 April 2024:

1. Perhatikan Durasi Waktu, Jangan Terlalu Lama

Tips pertama yaitu berkaitan dengan waktu. Masih banyak orang yang menganggap bahwa memanaskan mesin motor membutuhkan durasi yang lama.

Ada pula yang menganggap semakin lama durasinya, maka akan semakin baik. Namun sayangnya, pandangan tersebut kurang tepat. Waktu yang diperlukan cukup dalam kisaran 2 sampai 5 menit.

Untuk motor matik, hanya perlu waktu 30 detik. Waktu paling maksimal yaitu 10 menit. Jangan lebih panjang dari waktu tersebut. Sebaiknya, lakukan pada pagi hari sebelum memulai kerja motor. Durasi waktu ini perlu menjadi perhatian, supaya tidak terlalu lama.

2. Tidak Perlu Digas

Ketika memanaskan motor, Anda cukup membiarkan mesin motor menyala. Mesin motor tidak perlu digas.

Biarkan mesin menyala dengan kondisi yang stasioner. Hal tersebut sudah cukup untuk memberikan sirkulasi bagi oli untuk melumasi putaran dalam mesin.

Itu adalah cara yang tepat untuk memanaskan mesin motor. Mesin motor sudah mendapatkan pelumasan yang cukup tanpa perlu digas.

3. Tidak Melakukan Aktivitas Lainnya

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu tidak melakukan aktivitas lainnya ketika sedang memanaskan motor.

Saat memanaskan motor, sebaiknya Anda tidak melakukan berbagai aktivitas lainnya. Memanaskan mesin motor hanya membutuhkan waktu yang singkat, sehingga durasinya bisa terlewat jika ditinggal dengan berbagai aktivitas.

Jika perlu melakukan aktivitas lainnya, pastikan bahwa Anda tidak lupa sedang memanaskan mesin motor. Jangan sampai jadi terlalu lama.

Pilihan Editor: Verstappen Juara Sprint Race F1 Miami 2024, Lewis Hamilton Merusak Balapan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi