"Tidak Ada Tim Elit F1, Tidak Ada GP Australia"
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 10 Juli 2009 13:29 WIB
TEMPO Interaktif, Melbourne:Kepala Penyelenggara Grand Prix Australia, Ron Walker menegaskan akan membatalkan gelaran jet darat musim depan di Sirkuit Albert Park, jika tantangan dari tim-tim elit Formula Satu yang tidak ingin turun pada musim 2010 jadi dilakukan.

“Anda bisa saja membayangkan jika atlet seperti Roger Federer tidak mengikuti ajang Australia Terbuka pada Januari, atau kuda terbaik tidak ambil bagian dari Melbourne Cup,” tegas Walker, Jumat (10/7).

“Skenarionya tetap sama. Para bintang di Formula Satu terus terang memantik pembelian tiket dan jika Anda tidak mendapatkan bintang maka Anda tidak akan menjual tiket.”

Kemarin di Sirkuit Nurburgring, Jerman, tim-tim elit F1 termasuk Ferrari kembali mengancam untuk membentuk gelaran balap tandingan meskipun FIA menegaskan tenggat perjanjian untuk mengakhiri permasalahan ini akan dicapai dalam beberapa hari ini.

Perjanjian itu kembali menggantung ketika tim-tim F1 yang tergabung dalam FOTA memilih keluar dari pertemuan dengan FIA. Itu setelah tiim-tim tersebut mereka tidak akan dimasukkan ke dalam kalender balapan musim depan serta tidak akan mendapat kesepakatan terkait pemotongan bujet.

Dalam proses negosiasi bulan lalu, tim-tim yang tergabung dalam FOTA menandatangani perjanjian untuk mengurangi pengeluaran jika ketua FIA, Max Mosley menyetujui hingga berakhir musim pada bulan Oktober.

FIA mengatakan bahwa Mosley telah bertemu Presiden Ferrari uca di Montezemolo untuk membahas lima tim yang menandatangani tanpa kesepakatan untuk tetap bertarung pada musim 2010. Termasuk di dalam lima tim tersebut adalah Williams, Forece India, dan US F1.

AP | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi