Selama Happy Holiday Luxio Paling Laris
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 10 Juli 2009 15:00 WIB
Dok: Daihatsu

TEMPO Interaktif, Jakarta:Meski sejak Maret hingga Mei lalu terus mengalami penurunan, namun untuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia mematok target penjualan Luxio 750 unit. ADM pun menggelar serangkaian program untuk meningkatkan penjualan sesuai traget itu.

Daihatsu Luxio Diantara program tersebut adalah Luxio Happy Holiday, Luxio Lucky, dan Luxio Happy Caravan. "Selama program Happy Holiday, penjualan Luxio mencapai 369 unit, dari total penjualan tersebut Luxio tipe termewah yaitu tipe X terbanyak. Ini cukup mengagetkan, karena di saat krisis ternyata konsumen justeru memilih varian Luxio yang paling mewah, dengan harga sekitar Rp 162 juta," papar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM kepada Tempo di Jakarta, Jumat (10/07).

Menurut Amelia, penjualan Luxio selama Juni mencapai 369 unit. Selama acara Happy Holiday yang digelar di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Jawa Barat (21 Juni 2009), Green Hill Sibolangit Medan (28 Juni 2009), dan Ciputra Waterpark Surabaya (5 Juli 2009) itu, penjualan mencapai 255 unit. Rinciannya, di Surabaya dari target 100 unit terjual 105 unit, di Medan dari 60 unit yang ditargetkan terjual 70 unit. 

"Sementara yang di Taman Safari, dari 100 unit hanya terjual 80 unit, ini dikarenakan adanya jalur macet sehingga saat tes drive mobil yang digunakan juga terjebak macet sehingga jadwal tidak seperti yang direncanakan semula. Yang pasti, dari penjualan itu tipe X masih mendominasi, 80 - 85 persen," ujar Amelia.

Melihat masih tingginya minat masyarakat terhadap MPV yang diluncurkan Februari itu, Amelia juga mengaku yakin target penjualan 7.000 unit bisa tercapai pada tahun ini. Terlebih, masih ada program yang ditawrakan kepada konsumen oleh ADM, yaitu bunga ringan mulai 3,5 persen, asuransi gratis selama setahun serta gratis kontrak service selama 3 tahun.

"Program ini saya kira cukup menarik. Untuk bulan-bulan ini, kami targetkan masih 400 - 500 unit, dan September 500 - 600 unit," tandas Amelia.

Amelia juga menyebut, momen Indonesia Intertional Motor Show (IIMS) 2009 yang bakal digelar pada akhir Juli hingga awal Agustus mendatang diharapkan bisa mendongkrak angka penjualan. Sebelumnya, saat peluncuran Luxio pada Februari lalu, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk- Daihatsu Sales Operation, Suparno Djasmin mengatakan, target pasar Luxio pada 2009 ini mencapai 15 persen dari target total penjualan Daihatsu sebanyak 60 ribu unit.

Setelah diluncurkan, pada Maret, Luxio masih mencatatkan penjualan 943 unit. Pada bulan berikutnya penjualan hanya mencapai 642 unit. Bahkan pada Mei, melorot lagi sehingga hanya mencapai 353 unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi