Tips Memakai dan Mengganti Ban Serep Mobil yang Efektif
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 14 Mei 2024 19:51 WIB
Ilustrasi ban serep (Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ban serep merupakan komponen penting yang dapat menolong saat mobil mengalami keadaan darurat, seperti ban kempis atau bocor. Namun penggunaannya perlu diperhatikan dengan cermat agar tidak menimbulkan risiko tambahan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perlu diketahui, penempatan posisi ban serep pada tiap mobil bisa berbeda. Salah satu posisi ban serep terletak di bagasi belakang. Untuk membuka dan menggunakannya tinggal mengangkat cover dan meletakkannya secara miring pada slot yang telah disediakan. 

Langkah selanjutnya, dapat memutar pengunci di bagian tengah ke arah berlawanan jarum jam. Lalu, angkat ban serep keluar mobil dan lakukan pergantian di posisi ban yang mengalami masalah.

Perlu hati-hati pada saat mengangkat ban serep yang memiliki bobot cukup berat, dan meletakannya di jalan kondisi berbaring untuk menghindari efek menggelinding di badan jalan.

"Ban serep menjadi salah satu komponen krusial dalam situasi darurat di jalan, dan kami ingin memastikan penggunaannya dilakukan dengan tepat dan efisien," kata Ferry, Chief Operating Officer Hyundai GOWA dalam keterangan resminya, Selasa, 14 Mei 2024.

Berikut tips menggunakan ban serep yang efektif:

1. Perhatikan Ban Cadangan

Ban serep memiliki ukuran dan karakteristik yang berbeda dengan ban normal. Bam tersebut disarankan dipakai hanya untuk keadaan darurat atau sementara dalam waktu dan jarak tertentu saja.

2. Segera Ganti dengan Ban Normal yang Sesuai

Ban serep digunakan pengemudi hanya untuk membantu pengemudi bisa sampai ke tempat servis atau bengkel resmi terdekat. Hal itu dilakukan agar penangannya sesuai standar kelaikan dan lebih presisi oleh teknisi bersertifikat resmi serta berpengalaman. Batasi jarak tempuh saat menggunakan ban serep untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil lainnya.

3. Hindari Kecepatan Tinggi

Saat menggunakan ban serep, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi, terutama melebihi 80 km per jam. Informasi mengenai batas kecepatan ban serep yang digunakan dapat dibaca di buku petunjuk mobil atau yang tertera di ban serep. 

4. Berkendara Aman

Gunakan jalur kiri dan nyalakan lampu hazard jika berkendara di malam hari dengan ban serep.

Panduan Praktis untuk Pergantian Ban Serep Mobil:

1. Parkir Mobil dengan Aman dan Pasang Tanda Peringatan

Matikan mesin mobil, letakkan tanda peringatan, dan siapkan alat-alat yang diperlukan.

2. Kendorkan Baut Ban

Kendurkan baut ban yang bermasalah tadi secara bersebrangan dengan menggunakan kunci roda.

3. Gunakan Dongkrak

Tempatkan dongkrak pada titik yang tepat dan angkat mobil hingga ban terangkat dari badan jalan.

4. Buka Semua Baut Ban

Lepaskan semua baut ban yang bocor atau kempis tadi dengan hati-hati.

5. Pasang Ban Serep dan Kencangkan Baut Ban

Pasang ban serep dan kencangkan baut ban. Lalu turunkan dongkrak, hingga ban kembali menyentuh badan jalan. Setelah itu, kencangkan baut ban cadangan secara optimal.

6. Rapikan Peralatan

Setelah selesai, rapikan semua peralatan dan simpan ban yang bermasalah di tempat ban serep tadi, lalu putar kuncian searah jarum jam hingga kencang.

Pilihan Editor: Jorge Martin Juara MotoGP Prancis, Rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi