Proton Exora Siap Bertarung di Pasar MPV
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 13 Juli 2009 20:18 WIB
Proton's new model "Exora" (AP Photo/Lai Seng Sin)

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif asal negeri jiran, Malaysia, 15 Juli mendatang akan meluncurkan varian mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) untuk pasar Indonesia, yang diberi nama Proton Exora.

Proton Exora Menurut Prisilla Puspitasari, Kepala Komunikasi Pemasaran PT Proton Edar Indonesia (PEI) Agen Tunggal Pemegang Merek Proton di Indonesia, mobil serbaguna itu memiliki banyak kelebihan dibanding MPV lainnya yang tengah beredar di pasar Indonesia.

"Kelebihan itu bukan hanya pada harganya yang lebih kompetitif, tetapi juga pada fitur untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan maupun performa mesinnya," tutur Prisilla kepada Tempo di Jakarta, Senin (13/07).

Exora juga dilengkapi teknologi body control modul yaitu teknologi untuk mengendalikan semua fungsi fitur hanya dengan satu sentuhan pada satu titik yaitu pada kunci. "Asa 24 macam atau item keunggulan yang kami tawarkan dan ada di Exora ini. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain dual airbag, auto cruise, leather seat, DVD player, sistem navigasi dan konektivitas Bluetooth," terang Prisilla.

Tak hanya itu, MPV dengan tujuh tempat duduk untuk orang dewasa dengan kapasaitas mesin 1.6 liter ini, diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 125 daya kuda. Ruang kabin yang lapang dan bodi besar menjadikan Exora sebagai kendaraan keluarga yang sesuai dengan keinginan dan permintaan keluarga Indonesia. "Ini (Exora) adalah kendaraan MPV yang cocok dengan kebutuhan keluarga Indonesia," tandas Prisilla.

Exora yang dihadirkan ke pasar Indonesia ini, terdiri dari dua varian yaitu Exora medium line bertransmisi manual dan Exora high line bertransmisi otomatis. Prisilla menegaskan, meski harganya berbeda namun fitur yang ada, khususnya untuk fitur penunjang keselamatan yang ada di kedua varian tersebut tak jauh berbeda.Keduanya dilengkapi 2 SRS Airbags.

Saat ini, ada lima pilihan warna yakni Genetic Silver, Tranquility Black, Blue Haze, Pyrite Brown dan Gaia Blue. Sementara soal kisaran harga, Prisilla enggan menyebutkannya. "Nanti tunggu saja pengumuman resmi, 15 Juli," ujarnya. Namun, salah seorang sumber menyebutkan mobil itu dibanderol pada kisaran Rp 179 hingga Rp 212 juta.

Varian bertransmisi manual dibanderol sekitar Rp179 juta, sementara untuk varian yang bertransmisi otomatis masing-masing Executive Automatic Rp189 juta dan Supreme yaitu tipe paling tinggi di varian ototomatis Rp 212 juta. "Itu kisarannya," aku sumber tersebut.

Prisilla menambahkan, prinsipal Proton di Malaysia tidak mengurangi kualitas atau melakukan penurunan spek untuk Proton Exora yang dipasarkan di Indonesia demi menekan harga dan memenangi persaingan di pasar MPV. "Itu sama sekali tidak benar, kami siap bersaing karena memang memiliki beberapa keunggulan itu," tambah Prisilla.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi