Honda Sedang Mengerjakan SIstem Bantuan Keselamatan Sepeda Motor
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 20 Mei 2024 13:15 WIB
Honda CB300R. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda dikabarkan tengah mengerjakan sistem adaptive cruise control untuk sepeda motor. Pengembangan sistem keselamatan ini dilakukan sejalan dengan kemajuan pesat sistem bantuan keselamatan pada sepeda motor dalam beberapa tahun terakhir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman Rideapart pada hari ini, Senin, 20 Mei 2024, alih-alih mengandalkan radar, sistem adaptive cruise control Honda ini akan menggabungkan kamera stereo dan teknologi radar untuk sistem yang lebih cerdas.

Penggunaan radar dan kamera secara bersamaan ini jelas sangat penting untuk sistem keselamatan. Sistem radar sendiri mempunyai keterbatasan tertentu seperti kurangnya kemampuan untuk melihat objek tertentu di jalan, namun jangkauannya lebih jauh dibandingkan sistem kamera.

Sementara itu, sistem kamera dapat mengidentifikasikan objek dengan cepat, namun juga dapat dipengaruhi oleh variabel seperti kotoran dan silau. Jadi, dengan menggabungkan keduanya, Honda berharap dapat mengembangkan sistem yang lebih aman dan cerdas.

Dari gambar paten yang beredar, sistem adaptive cruise control radar dan kamera baru ini akan digunakan pada iterasi masa depan Honda Africa Twin. Gambar tersebut menunjukkan kamera dipasang tepat di bawah lampu depan, dengan dudukan karet dan dudukan bergaya gimbal untuk menyerap getaran, serta penyesuaian pitch dan yaw.

Tentu saja, sistem seperti ini juga masuk akal untuk disematkan pada motor model touring seperti NT1100, Rebel 1100, dan Gold Wing. 

Tidak hanya sistem adaptive cruise control, Honda juga dikabarkan tengah mengembangkan sistem pengereman otomatis. Ini akan memanfaatkan data yang dikumpulkan oleh radar dan pengaturan kamera, jadi kemungkinan besar fitur ini akan diterapkan setelah seluruh paket diluncurkan.

Jadi, mirip dengan sistem adaptive cruise control yang ada di mobil, sistem radar dan kamera pada motor ini akan memberi tahu sistem untuk mempercepat dan memperlambat, bergantung pada kecepatan lalu lintas.

Pilihan Editor: BAIC Berencana Hadirkan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi