Motor Listrik Honda EM1 e: Pakai Aki Punya BeAT, Apa Bedanya?
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 21 Mei 2024 10:00 WIB
Motor listrik Honda EM1 e: Plus. (TEMPO/Erwan Hartawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Motor listrik Honda EM1 e: ternyata masih menggunakan aki atau baterai 12 volt, sama seperti yang disematkan pada Honda BeAT. Aki ini fungsinya menghidupkan speedometer, lampu, stoplamp, dan juga lampu sein.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aki yang digunakan sama persis dengan aki BeAT, yakni dengan spesifikasi 12 volt 3 ampere hour (Ah). Tipe aki yang dipakai kedua sepeda motor tersebut pun sama, yakni YTZ4A.

Namun ada yang membedakan aki EM1 e: dengan BeAT. Melansir laman Wahana Honda hari ini, Selasa, 21 Mei 2024, jika aki di BeAT pengisiannya berasal dari spul atau generator, di Honda EM1 e: pengisian akinya berasal dari baterai utama atau Honda Mobile Power Pack.

Aki pada motor listrik EM1 e: tegangannya diubah melalui komponen down regulator agar listrik bisa disimpan di aki. Secara sederhana, komponen down regulator pada motor listrik ini berfungsi mirip dengan kiprok pada motor bensin.

Namun, untuk mengganti aki motor listrik tidak semudah mengganti aki di motor bensin. Untuk melepasnya dibutuhkan alat khusus yang tersedia di bengkel resmi Honda.

Perawatan aki ini perlu dilakukan untuk motor listrik, sama halnya aki di motor bensin. Perawatan aki bisa dilakukan saat servis berkala di bengkel resmi Honda.

Pilihan Editor: Mobil Listrik Xiaomi SU7 Laris Manis di Cina, Bakal Masuk Indonesia?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi