Komentar Charles Leclerc Menang di F1 Monako 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 28 Mei 2024 06:00 WIB
Charles Leclerc di F1 Monako 2024 berhasil menang balapan di depan para tamu kehormatan. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaCharles Leclerc akhirnya melepas mitos tak bisa menang di kandangnya sendiri, setelah enam musim berkarir di F1. Di F1 Monako 2024, Leclerc berhasil kuasai pole position sekaligus memenangkan balapan padahari Minggu, 26 Mei. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan pembalap kedua yang finis adalah Oscar Piastri dari pembalap McLaren Mercedes, diikuti rekan setim Leclerc di Scuderia Ferrari HP Carlos Sainz Jr., finis posisi tiga.

"Saya tidak bisa menjelaskan perasaan saat ini. Balapan sepertinya berlangsung begitu lama, tapi mungkin itu membuatnya lebih menyenangkan," ujar Charles Leclerc. 

Bisa menang di tanah kelahirannya menjadi kebanggaan Charles Leclerc. "Karena balapan itulah yang membuat saya bermimpi menjadi pembalap Formula 1 ketika saya masih kecil. Jadi saya ingin berterima kasih kepada masyarakat Monako, di panggung kehormatan saya melihat begitu banyak orang di balkon dan saya berterima kasih kepada mereka semua atas dukungan luar biasa mereka. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya," kata dia.

"Selama beberapa lap terakhir ini sulit karena Anda mulai berdoa tidak ada yang terjadi. terjadi dan saya dapat merasakan emosi tumbuh dalam diri saya dan menyadari bahwa saya hampir kehilangan konsentrasi saat mengemudi," ungkap Charles Leclerc.

"Kami harus melakukan banyak manajemen ban, juga mengatur jarak dengan George (Russell) untuk memastikan McLaren tidak bisa mendapatkan pit stop gratis, jadi secara mental cukup menguras tenaga. Saya harus berterima kasih kepada tim karena telah melakukan pekerjaan luar biasa selama beberapa bulan terakhir dan membantu saya memenangkan perlombaan ini," jelas Leclerc.

Carlos Sainz Jr. mengakui senang bisa kembali berada di podium, meski tak mudah melihat situasi yang sulit selepas tikungan dan adanya insiden di rombongan belakang. 

"Merupakan balapan yang sangat taktis. Saya melakukan start pertama yang sangat baik di luar garis, sampai-sampai saya bersandingan dengan Oscar (Piastri) di tikungan 1 dan saya mengejar celah dalam. Kami bersentuhan, saya mendapat tusukan dan saya pikir itu saja," ujar Carlos Sainz Jr.

"Untungnya bagi saya, kecelakaan besar di belakang berarti saya bisa memulai kembali dari P3 dan untungnya semua orang baik-baik saja. Untuk memulai kembali kami memilih ban kompon Hard baru dan itu hanya masalah mengatur kecepatan hingga akhir dan memastikan Lando tidak memilikinya untuk mengejar," yakin pembalap Spanyol ini.

Setelah hal tersebut sesuai strategi tim, Carlos Sainz Jr. mencoba untuk menyalip Oscar pada lap terakhir tetapi diakuinya terlalu sulit jika strateginya sama dengan mobil di depan. 

"Saya sangat senang untuk Charles! Memenangkan balapan di kandang sendiri adalah sesuatu yang diimpikan setiap pembalap dan sangat menyenangkan bisa merayakannya bersamanya di podium!" jelas pembalap bernomor 55 ini.

Pilihan Editor: Bos Federal Oil Beri Komentar Marc Marquez Mulai Rajin Naik Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi