Proton Targetkan Kuasai Lima Persen Pasar MPV
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 15 Juli 2009 20:02 WIB
Mobil MPV Exora produksi terbaru Proton saat acara media preview Proton Exora di Hotel Darmawangsa Jakarta, Rabu (15/7). Exora terdiri dari dua varian yaitu Exora bertransmisi manual dan otomatis. Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kendati tergolong pemain baru di pasar mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia, pabrikan otomotif asal Malaysia, Proton, optimistis mampu unjuk gigi di pasar Indonesia. Pasalnya, produk yang mereka tawarkan memiliki keunggulan kompetitif berupa harga terjangkau, serta memiliki keunggulan fitur yang tidak dimiliki oleh MPV lainnya.

“Kami yakin, karena Indonesia adalah pasar MPV terbesar di dunia. Kedua, MPV yang kami tawarkan memiliki delapan fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh MPV lainnya. Target penjualan Exora adalah 1.000-1.500 unit sampai akhir tahun,” ujar Ricky H. K. Too, Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia (PEI) Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Proton di Indonesia, di sela-sela acara Media Preview Proton Exora, di Jakarta, Rabu (15/7).

Proton akan meluncurkan secara resmi MPV produksinya pada 24 Juli mendatang di ajang Indonesia International Motor Show yang akan berlangsung di Kemayoran, Jakarta. MPV berdimensi panjang 4.592 mm, lebar 1.809 mm, serta tinggi 1.691 mm. Ricky mengklaim itu sebagai MPV yang sangat cocok dengan keinginan masyarakat Indonesia. 

“Selain lapang, dengan tujuh tempat duduk, mobil ini juga memiliki fitur yang sangat cocok bagi keluarga Indonesia,” aku Ricky.

Sementara itu, Kepala Divisi Penjualan Nasional PT PEI, Fransisco Sirait menyebut, pada paroh dua 2009 ini PEI menargetkan mampu menembus pangsa pasar MPV hingga 5 persen. “Ini cukup realistis, karena pasar MPV ini sangat besar potensinya,” tutur Fransisco. 

Sedangkan Ricky menambahkan, kini pihaknya telah mengantongi 31 persen dari total target penjualan itu dari pemesanan. “Tetapi kami juga harus berbicara dengan Proton di Malaysia untuk memastikan kuota Exora di Indonesia , sebab ddi Malaysia sendiri minat pasar terhadap Exora juga sangat bagus,” tandas dia. 

Exora adalah MPV berdimensi 4.592 mm x 1.809mm x 1.691 mm ini mampu mencapai tenaga maksimum 125 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.500 rpm. Sejumlah fitur pun disediakan di mobil yang diklaim telah dipesan 16.000 unit di pasar Malaysia itu.

Di antara fitur tersebut, adalah dual airbag dengan seatbelt pre-tensioner, Antilocking Brake System-ABD, immobilizer, central lock door, alarm system and keyless remote entry, reverse sensor, auto cruise, dan leather seat.

MPV ini memiliki tujuh tempat duduk dengan konfigurasi tempat duduk tipikal tiga baris, yaitu 2-3-2 dan mampu memuat tujuh orang dewasa. Mobil yang diluncurkan dalam dua varian, yaitu Executie 1.6 manual dan Executive 1.6 otomatis, serta varian Supreme 1.6 otomatis itu dibanderol dibawah Rp 210 juta. 

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi