4 Tips Merawat Tangki Motor Biar Tak Korosi dan Bocor
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 4 Juni 2024 09:00 WIB
Tangki Motor. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tangki motor merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor, berguna untuk menampung bahan bakar yang digunakan. Tangki ini letaknya berbeda-beda berdasarkan model motornya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tangki bahan bakar ini perlu diperhatikan kondisinya agar tidak terjadi korosi atau kebocoran. Biasanya, tangki yang jarang diisi penuh, akan membuat ruang kosong dalam tangki yang bisa membuatnya berembun dan menimbulkan karat dan korosi.

Jika terjadi karat dan korosi, hal tersebut bisa mengakibatkan performa mesin terganggu karena ada kotoran yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya, motor akan terasa tersendat-sendat dan tidak bisa diajak berakselerasi, hingga fatalnya bisa menyebabkan tangki bocor.

Berikut tips merawat tangki motor agar tidak korosi dan bocor, dilansir dari laman Wahana Honda pada hari ini, Senin, 3 Juni 2024.

1. Biasakan Isi Penuh BBM

Jangan terlalu sering membiaran tangki dalam keadaan kosong atau hanya ada sisa sedikit bahan bakar di dalamnya. Jika ada ruang kosong di tangki, itu akan menimbulkan embun, lalu embun berubah jadi air yang dapat menimbulkan karat dan korosi pada tangki motor.

2. Kuras Secara Rutin

Menguras tangki secara rutin dapat mencegah penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan korosi dan mesin tersendat.

3. Jangan Semprotkan Air Terlalu Kencang

Jangan menyemprotkan air terlalu kencang pada tangki motor saat mencuci motor, terutama ke arah tutup tangki. Meskipun tangki terbilang rapat dan terkunci, namun hal ini bisa jadi penyebab resapan air yang menimbulkan embun di tangki.

4. Jangan Beli Bensin Eceran

Mulailah menghindari beli bensin eceran, karena biasanya penjual bensin eceran membeli bensin menggunakan motor bertangki besar dan jeriken. Kita tidak tahu bagaimana kondisi tangki dari penjual tersebut dan apakah tercampur air atau tidak saat pemindahan bahan bakar tersebut.

Pilihan Editor: Jangan Panik, Simak Penyebab dan Cara Atasi Motor Mogok di Jalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi