Kendaraan Listrik di IKN Mulai Dioperasikan Agustus 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 10 Juni 2024 16:00 WIB
Esemka Bima EV hadir di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Kamis 16 Februari 2023. Produsen mobil lokal, Esemka, memperkenalkan dua unit prototipe mobil listriknya yakni Esemka Bima EV Cargo Van dan Esemka Bima EV Passenger Van. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa transportasi massal berbasis listrik mulai dioperasikan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Agustus 2024. Transportasi massal listrik yang dioperasikan di IKN ini mencakup bus listrik hingga kereta otonom tanpa rel atau Autonomous-rail Rapid Transit (ART).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"ART itu semacam trem tapi yang istimewa tanpa rel dan listrik, dia pakai baterai, Agustus mulai berjalan," kata Budi Karya, dikutip dari Antara hari ini, Senin, 10 Juni 2024.

Selain itu, perusahaan swasta juga akan mengoperasikan armada transportasi publik listriknya di IKN. Kemudian, para menteri dan pejabat eselon I juga diminta untuk menggunakan kendaraan listrik di IKN.

"Swasta apakah itu Bluebird, Gojek, Grab, sudah mau beroperasi di sana," ucap Budi Karya.

Sementara itu, terkait taksi terbang atau drone yang mengangkut penumpang, Budi Karya mengatakan bahwa pihaknya masih belum bisa menemukan regulasi yang sesuai untuk pengoperasiannya. Oleh sebab itu, Kemenhub belum akan memberikan izin untuk taksi terbang sebagai transportasi di IKN.

"Kota menggunakan drone ada risikonya. Oleh karena itu, kami belum memberikan izin untuk taksi terbang, untuk exhibition boleh, untuk angkutan umum belum," ucapnya.

Pilihan Editor: Harga Toyota Innova Venturer Masih Tinggi di Pasar Mobil Bekas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi