Nissan dan Renault Bangun Pabrik Baterai Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 20 Juli 2009 20:28 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Investasi teknologi ramah lingkungan pada industri kendaraan bertambah pekan ini dengan pengumuman rencana pembuatan pabrik baterai mobil milik Renault dan Nissan.

Baterai itu akan dibuat di pabrik Nissan di Sunderland, di mana pemerintah Inggris akan memberi pinjaman sekitar 200 juta Euro. Sedangkan di Portugal nilai investasi untuk pabrik baru yang belum ditentukan lokasinya itu akan bernilai sekitar 250 juta Euro. Bagi Inggris langkah itu menjadi salah satu penolong bagi pekerja-pekerja Nissan di Sunderland untuk tetap bertahan pada pekerjaan mereka.

Setiap pabrik diproyeksikan memproduksi 60.000 baterai per tahun. Di Prancis, Renault juga sedang mengupayakan pinjaman dari pemerintahnya untuk membangun fasillitas serupa di Flins, sebelah barat Paris.

Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengatakan rencana Nissan untuk membangun pabrik itu dan untuk memproduksi mobil listrik di Inggris menciptakan 350 lapangan kerja langsung, dan Sunderland kini bisa menjadi produsen penting mobil listrik d Eropa.

Sedangkan Perdana Menteri Portugal Jose Socrates mengatakan Portugal akan menjadi negara pertama di dunia yang memiliki jaringan pengisian ulang listrik bagi kendaraan listrik. Portugal yang menerapkan program energi terbarukan juga mengklaim bahwa kini 43 persen energi listrik yang dihasilkan negara itu berasal dari sumber energi yang bersih.

WALL STREET JOURNAL | ENVIRONMENTAL DATA INTERACTIVE EXCHANGE

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi