Hamilton Juara di Hungaria
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 26 Juli 2009 21:39 WIB
TEMPO Interaktif, Budapest - Lewis Hamilton, pembalap tim McLaren, akhirnya sukses menaiki podium juara setelah menang balapan Formula 1 di sirkuit Hungaroring, Hungaria, Minggu (26/7). Ini adalah kemenangan pertama bagi juara bertahan musim lalu itu setelah sembilan balapan sebelumnya ia tidak pernah menuai sukses.

Hamilton, pembalap asal Inggris itu, menyelesaikan 70 putaran di Hungaroring dengan catatan waktu tercepat satu jam 38 menit dan 23,876 detik. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh pembalap tim Ferrari, Kimi Raikkonen dengan selisih waktu 11,2 detik di belakang Hamilton.

“Fantastis, mobil ini sangat enak dikemudikan, saya senang kita berhasil kali ini. Kerja yang bagus, kawan-kawan,” ujar Hamilton melalui saluran radio saat ia melintas garis finis.

Tim Red Bull pun kembali menempatkan pembalapnya di podium saat Mark Webber finis di urutan ketiga. Dengan hasil ini, Webber menempati posisi kedua klasemen pembalap dan hanya selisih 18,5 poin dari pembalap Brawn GP, Jenson Button, yang menempati posisi puncak dengan raihan 70 angka.

Urutan keempat di Hungaroring ditempati oleh pembalap tim Toyota, Nico Rosberg. Rekan satu tim Hamilton, Heikki Kovalainen, menempati urutan kelima disusul oleh pembalap asal Jerman Timo Glock.

Button yang cemerlang dalam dalam enam balapan sebelumnya kini hanya mampu menempati urutan tujuh. Rekan satu tim Button, Rubens Barrichello hanya mampu finis di urutan 10.

Kemenangan yang diraih Hamilton ini bisa menjadi titik balik bagi tim McLaren untuk memperbaiki performa buruknya sepanjang musim balapan tahun ini. Prestasi terbaik Hamilton sebelum menjadi juara di Hungaroring adalah finis di urutan keempat saat balapan di Bahrain pada April lalu. Sejak saat itu ia tidak pernah lagi menuai sukses bahkan hanya untuk masuk ke lima besar pembalap setiap seri.

“(Kemenangan) ini hal yang luar biasa setelah penantian panjang. Kami pernah kesulitan sebelumnya, tapi kini kami berhasil meraih kemenangan,” ujar Hamilton setelah menerima trofi juara.

Sedangkan bagi Ferrari, hasil ini merupakan hal yang sangat positif karena mereka hanya memiliki Kimi di lintasan balap. Pada sesi kualifikasi sebelumnya, rekan satu tim Kimi, Felipe Massa, mengalami kecelakaan dan harus menjalani operasi akibat cedera serius di kepalanya.

Sedangkan tim Brawn kini makin terdesak setelah mereka gagal pada balapan sebelumnya di sirkuit Nuerburgring, Jerman. Saat itu Button hanya mampu finis di urutan kelima sedangkan Barrichello menempati posisi enam. Kini Webber punya peluang besar untuk mengejar Button sebab masih ada tujuh seri lagi musim ini.

Button gagal mencapai performa puncaknya kali ini setelah mengalami masalah pada ban yang digunakannya. Masalah pada ban juga dialami oleh Fernando Alonso – start dari posisi pertama -- yang terpaksa berhenti balapan saat lap ke-18.

REUTERS | AUTOSPORT | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi