Toyota Tutup Pabrik, Arnold Schwarzenegger Keberatan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 27 Juli 2009 06:54 WIB
AP/Rich Pedroncelli

ArnoldTEMPO Interaktif, Tokyo - Toyota Motor Corp. untuk pertama kalinya berencana menutup pabrik perakitan mobil di California, yang merupakan kerja sama modal ventura dengan General Motors Corp. selama 25 tahun.

Menurut berita yang dilansir Bloomberg pekan lalu, Toyota akan merundingkan waktu penutupan dengan Motor Liquidation Co, sebuah entiti yang bertanggung jawab atas penjualan aset General Motor.

Penutupan ini berawal dari jatuhnya penjualan Toyota, terendah sejak 1976 dan keputusan General Motors untuk keluar dari kerja sama sebagai bagian reorganisasi. Bulan lalu General Motors menyatakan akan memproduksi Pontiac Vibes di New United Motor Manufacturing Inc. (Nummi).

"Tanpa General Motor, pabrik ini boros," ujar analis IHS Global Insight Inc Aaron Bragman. "Toyota punya pabrik lalin yang dengan mudah memenuhi produksi setempat."

Dia menambahkan, jika ditutup, maka ini menandakan pergeseran di Toyota yang tak pernah merespon perubahan pasar dalam waktu singkat. Sementara Gubernur California Arnold Schwarzenegger telah meminta Toyota untuk meneruskan produksi. Schwarzenegger juga telah berbicara dengan Presiden Toyota, Akio Toyoda. BLOOMBERG | RIEKA RAHADIANA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi